Spread the love

Universitas Sebelas Maret (UNS) memperingati hari Lingkungan Hidup dengan gerakan UNS Sehari Tanpa Emisi, Jumat, 5 Juni 2020.

Gerakan tersebut diawali dengan kegiatan bersepeda keliling kampus oleh Rektor, Wakil Rektor, Ketua Senat dan Pimpinan Fakultas serta lembaga dan Senat UNS pada pukul 06.30 WIB dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Di hari itu, sivitas akademika UNS pun diwajibkan untuk bersepeda atau berjalan kaki menuju tempat kerja. Bagi yang berkendaraan bermotor, diparkir di halaman LPPM, SPMB dan BAPSI UNS, kemudian menuju ke unit kerja masing-masing menggunakan bis kampus, jalan kaki atau naik sepeda.

Rektor UNS, Prof. Dr. Jamal Wiwoho, S.H., M.Hum. mengatakan aktifitas seperti ini sangat baik jika tidak hanya dilakukan setahun sekali. Hal ini akan didiskusikan lebih lanjut dengan pimpinan yang lain, harapannya minimal bisa sebulan sekali untuk bersepeda karena salah satu parameter UI Green Metric adalah dengan mengurangi emisi di lingkungan kampus.

Sivitas Akademika Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UNS turut berpartisipasi dalam gerakan UNS Sehari Tanpa Emisi.

Tenaga Pendidik dan Kependidikan FEB UNS yang bertugas di hari itu banyak yang memanfaatkan kesempatan itu dengan berjalan atau bersepeda menuju tempat kerja meski disediakan bis kampus.

Dekan FEB UNS, Prof. Drs. Djoko Suhardjanto, M.Com. (Hons), Ph.D, Ak. menyambut baik gerakan yang dicanangkan UNS untuk mendukung kelestarian alam semesta.

“Kita sambut hari Lingkungan Hidup. FEB UNS terus berbenah untuk mendukung green environment. Desain kampus kita sesuaikan dengan yang ramah lingkungan sehingga lebih nyaman untuk dihuni. Green environment tidak hanya bermanfaat untuk generasi sekarang namun juga generasi yang akan datang. Urip sing urip memayu hayuning bawana” paparnya sebelum mengayuh sepeda keliling kampus UNS.(Humas FEB)

Editor: Drs. BRM. Bambang Irawan, M.Si.

Komentar