Program Studi (Prodi) Magister Manajemen (MM) Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Sebelas Maret (UNS) memperoleh penghargaan Indonesia Digital Popular Brand Award (IDPBA) 2021 sebagai salah satu perguruan tinggi penyelenggara pendidikan MM dengan pengelolaan media digital terbaik di Indonesia.  Adapun 9 Prodi MM perguruan tinggi lainnya yang juga meraih penghargaan adalah UNAIR, UNPAD, ITB, IPB, UNDIP, UI, UGM, USU dan UB.  Penghargaan diberikan secara daring pada acara seremoni Penghargaan IDPBA, Kamis 28 Oktober 2021.

Retno Tanding Suryandari, S.E., M.E., Ph.D., Kepala Prodi MM FEB UNS mengatakan, di penghargaan IDPBA, ada 3 kriteria penilaian yakni Search Engine Based, berdasarkan ulasan brand di halaman internet dan pencarian brand rata-rata perbulan di internet, kemudian Social Media Based, berdasarkan engagement Facebook, Instagram & Youtube dan juga Website Based, berdasarkan traffic website, kecepatan akses website dan mobile user friendliness.

Jadi, dari tiga kriteria penilaian itu, Info Brand memilih sepuluh prodi MM dari perguruan tinggi yang memenuhi kriteria awal yaitu kriteria  perguruan tinggi yang diulas lebih dari 10.000 halaman mesin pencari dan  UNS masuk dalam kategori itu.

“Salah satu yang saya kira membuat UNS bisa masuk ke dalam 10 besar ini, UNS sangat  gencar memanfaatkan media sosial disamping media formal di laman-laman internet untuk memperkenalkan UNS dan prodi yang ada dilingkungan UNS. Pemanfaatan media sosial seperti Youtube, Instagram, Twitter yang kemudian menjadi salah satu dari penilaian tentang seberapa besar traffic yang diperoleh oleh perguruan tinggi maupun prodi tersebut “ paparnya.

Dijelaskan pula, saat ini selain website, MM juga memanfatkan media sosial lainnya yakni Youtube, Instagram, Twitter dan Facebook sebagai sarana untuk berkomunikasi dengan stakeholder, calon mahasiswa, juga para mahasiswa maupun para pencari informasi.

Beberapa konten dalam medsos MM, ada yang terkait dengan konten-konten bisnis, bagaimana mengelola bisnis, apa saja tantangan serta solusi yang bisa diambil oleh para pengambil keputusan terkait problem-problem yang dihadapi pengelola bisnis dan organisasi.

Harapan kami, konten-konten yang kami sajikan dalam medsos MM tidak hanya bermanfaat untuk kalangan mahasiswa,  namun juga pencari informasi lainnya, misalnya para pengelola bisnis dan lain sebagainya.

Menurut  Dr. Retno Tanding, penghargaan yang diperoleh Prodi MM ini merupakan hasil kerja keras banyak tim. Tidak hanya pengelola media sosial MM, namun juga para pengelola website, kontribusi fakultas dan juga promosi yang dilakukan universitas tentang keseluruhan prodi di UNS. (Humas FEB)