Meriahkan hari batik nasional, Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarata mengadakan acara pembagian batik bagi tenaga kebersihan di lingkungan UNS. Bertempat di lobi Fakultas Ilmu Budaya (FIB), Prof. Dr. Ir. Ahmad Yunus, M.S. selaku Wakil Rektor Akademik, Riset, dan Kemahasiswaan pada Senin pagi (04/10/2021) secara simbolik menyerahkan batik pada Siti Rahayu, perwakilan Tenaga Kebersihan FIB.

Prof. Dr. Warto, M.Hum dalam sambutannya sangat mengapresiasi kegiatan ini, menurutnya batik merupakan kebanggan bangsa, patut jika terdapat saling membagikan batik. “Semoga batik ini dapat berguna bagi teman-teman tenaga kebersihan, walaupun semuanya mungkin sudah punya batik. Jika ditilik lebih dalam, batik merupakan kebanggan dari bangsa kita, jadi ketika terdapat kegiatan membagikan batik sama halnya kita saling salur bangga, hal tersebut sebagai cara mencintai dan melestarikan budaya tanah air” ungkapnya.

Ditambahkan oleh Prof. Ahmad Yunus bahwa hari batik nasional ditengah pandemi patutlah disikapi dengan kegiatan berbagi. “Peringati hari batik nasinonal sebelumnya kami juga sudah mengadakan seminar tentang batik nusantara, kali ini kami adakan berbagi batik. Walau kita misalkan sudah memiliki batik jika diberi batik lagi pasti tidak menolak, karena batik itu indah dan ada nilai filosofis dalam setiap motifnya” imbuhnya.

Kegiatan pembagian batik ini bertajuk Mari Berbagi Baju Batik Untuk Saudara Kita yang diprakarsai oleh UPT Humas dan Media UNS. Adapun batik yang dibagi bagi Pegawai Kebersihan FIB sebanyak 50 potong yang terdiri dari beberapa varian size dari M sampai XL. Siti Rahayu mewakili rekan pegawai kebersihan mengaku sangat bangga dan senang dapat menerima baju batik. (Rensi)

Sumber: https://fib.uns.ac.id/news/meriahkan-hari-batik-nasional-uns-berbagi-50-batik-pada-pegawai-kebersihan-fib