Prodi Sastra Daerah Fakultas Ilmu Budaya UNS kembali menggelar Lomba Nembang Macapat Mahasiswa Tingkat Nasional dalam rangka memperingati Dies Natalis UNS ke-43 di ruang seminar lantai 2 gedung I FIB dan laboratorium karawitan gedung IV FIB, Selasa (26/03/2019).

Kegiatan ini merupakan agenda tahunan dari Prodi Sastra Daerah dalam mendukung dan melestarikan tradisi budaya jawa seiring dengan UNS yang terletak di Surakarta sebagai pusat kebudayaan Jawa ingin terus mengeksistensikan budaya Jawa.

Selain bertujuan untuk terus mengembangkan warisan budaya bangsa yaitu tembang macapat sebagai salah satu karya sastra jawa  agar generasi muda dapat mempelajari dan memaknai setiap tembang yang didalamnya terkandung nilai-nilai karakter budi pekerti yang sangat penting artinya bagi pembangunan manusia seutuhnya dan pelaksanaannya dalam kehidupan bermasyarakat.

Dengan lomba ini maka akan memberikan dampak yang baik sebagai langkah untuk terus mengenalkan dan menjaga karya-karya sastra jawa khususnya tembang macapat.

Para peserta hadir dari berbagai perguruan tinggi negeri maupun swasta diantaranya dari UGM, UNNES, UAD, UNUD, Univet Sukoharjo, IAIN Surakarta, UNDIP dan masih banyak lagi dengan jumlah peserta 52 mahasiswa mahasiswi.

Rafif Asyraf ketua rombongan dari UKM UKTK UNAIR Surabaya yang membawa rombongannya untuk mengikuti lomba  mengatakan, “Motivasi saya mengikuti lomba  ini untuk mendapatkan pengalaman, ingin mengenal lebih dalam tentang macapat. Disamping itu sekaligus mendapatkan relasi antar mahasiswa yang peduli dalam hal budaya yang semakin lama semakin luntur. Kami ingin terus melestarikan.”

Senada dengan Rafif Asyaraf,  peserta dari UNUD Bali, Komang Uchi Seni Purnama pun mengungkapkan kesannya mengikuti perlombaan ini, “Bagi saya lomba tembang macapat ini memiliki tantangan tersendiri dalam berlatih dan pengucapannya. Startegi yang saya lakukan dengan berlatih melalui media youtube. Sehingga lebih memahami nada dan pelafalannya.”

Kegiatan lomba yang berlangsung sehari penuh tersebut berjalan lancar dan baik. Berikut nama pemenang lomba nembang macapat 2019 :

Kategori Putra

Juara I Andri Setyawan UNESA
Juara II Mohammad Fajar UNS
Juara III Madu Sudomo UNNES
Juara Harapan I Roni Bagus Priyono UNNES
Juara Harapan II Bagas Reista Prias R.P UNS
Juara Harapan III Yanuar Binta Pramana Univet Sukoharjo

Kategori Putri

Juara I Aryn Dwi Handayani STKIP PGRI Ponorogo
Juara II Rahma Putri Wahyu Y UNNES
Juara III Komang Uchi Seni Purnama UNUD
Juara Harapan I Elsa Prastika UNNES
Juara Harapan II Pitrias Rahayu STKIP PGRI Ponorogo
Juara Harapan III Azizah Miraj Nanda UNESA

Sisyono Eko Widodo selaku ketua panitia mengatakan selamat dan sukses kepada semua pemenang dan berharap, “UNS sekarang ini sudah menjadi PTNBH dan menuju ke World Class Univeristy namun demikian UNS tidak boleh kehilangan jati dirinya yaitu kearifan lokal awa yang amat penting untuk membangun manusia Indonesia seutuhnya.”

Sumber: https://fib.uns.ac.id/berita/meriahkan-dies-natalis-uns-ke-43-fib-adakan-lomba-tembang-macapat/

Komentar

Shares