Saat sekarang ini, siapa  yang tidak punya smartphone atau media sosial?, pertanyaan ini  mengemuka dalam kegiatan pelatihan metode social network analysis (SNA) yang diinisiasi oleh KPPMF FISIP UNS, Dr. Rutiana Dwi Wahyuningsih, M.SI di acara Pelatihan Metode Social Network Analysis di Hotel Lojie Solo, Jumat, 4 Oktober 2019.

Dekan FISIP UNS, Prof. Dr. Ismi Dwi Astuti Nurhaeni, M.Si dalam sambutannya menyampaikan bahwa KPPMF telah  telah banyak menginisiasi banyak pelatihan yang  diharapkan dapat mendukung peningkatan penelitian dan pengabdian masyarakat serta dapat meningkatkan kinerja sekaligus  peningkatan indeks kinerja bagi para dosen di lingkungan FISIP UNS. Untuk itu beliau berharap dengan beberapa pelatihan yang telah dilakukan tersebut dapat menambah luaran hasil penelitian dan pengabdian masyarakat terutama untuk riset grup yang ada  di FISIP UNS.

Dengan mengundang narasumber dari Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jawa  Timur ,Irwan Dwi Arianto, M.Ikom. Kegiatan ini diikuti 30 peserta dari kalangan dosen dan mahasiswa. Selain sebagai salah satu pembelajaran terkait metode penelitian kegiatan ini juga merupakan salah satu bentuk upaya dalam penelitian penguatan instusi (PPI) penelitian dan pengabdian kepada masyarakat FISIP UNS tahun 2019.

Dalam paparannya, narasumber menyatakan bahwa saat ini data jejaring melimpah, ada pergeseran perilaku di masyarakat, tersedianya jaringan yang memadai serta pengaruh online sosial media yang sangat berpengaruh sehingga sebagai akademisi, fenomena ini menjadi sangat menarik untuk diteliti lebih jauh.

Menurut Kepala KPPMF FISIP UNS, Dr. Rutiana, pelatihan ini merupakan pelatihan ketiga yang telah dilakukan oleh KPPMF FISIP setelah sebelumnya mengadakan pelatihan tata kelola administrasi penelitian dan pengabdian; dan pelatihan pengurusan HKI. (Maryani FISIP UNS)

Berita yang sama terbit di SINI

Komentar

Shares