Beberapa waktu yang lalu, Fakultas Ilmu Budaya telah memberangkatkan mahasiswa ke Akademi Pengajian Melayu (APM), Universiti Malaya (UM) dalam program student exchange (outbound).  Kegiatan ini berlangsung mulai tanggal  25 September dan berakhir pada tanggal 16 Oktober 2018. FIB memberangkatkan sepuluh orang, yang berasal dari perwakilan masing-masing program studi S1 di lingkungan Fakultas Ilmu Budaya.

Ke-10 orang tersebut dipilih setelah melalui beberapa tahap seleksi yang dilakukan oleh tim panitia internal FIB. Mereka yang terpilih adalah :

  • Prodi S1 Sastra Daerah         : Murni Suharyanti, Suci Ning Tyas
  • Prodi S1 Sastra Indonesia    : Khoirul Umam, Dita Eka Pratiwi
  • Prodi S1 Sastra Inggris         : Nadya Rezita Nurul Huda, Tasyadea Wening Nastiti
  • Prodi S1 Ilmu Sejarah           : Aryo Anggorojati,  Shella Olyvia Asriska
  • Prodi S1 Sastra Arab             : Muhammad Faturridho, Muhammad Rizki Zailani

Wakil Dekan Bidang Akademik, Profesor Warto mengatakan, “Progam student exchange ini merupakan program yang sudah berlangsung  tiga kali dan pada pelaksanaan tahun ini  memasuki tahun ketiga di universitas yang sama yakni Akademi Pengajian Melayu, Universitas Malaya, Malaysia.”

“Tujuannya antara lain untuk untuk mendukung program akselerasi yang telah dicanangkan oleh Universitas Sebelas Maret. Disamping itu juga untuk meningkatkan kualitas prestasi mahasiswa serta mengembangkan jejaring kerjasama yang telah terjalin antara kedua belah pihak,” lanjut beliau.

Peserta berangkat pada satu hari sebelum pelaksanaan kegiatan dan di dampingi oleh Wakil Dekan Bidang Akademik. Rombongan diterima dengan baik oleh Dekan Akademi Pengajian Melayu, Universitas Malaya, Prof. Putri Rosalina dan didampingi oleh Prof. Nor Hisham. Para mahasiswa sangat antusias dan menyambut positif penyelenggaraan kegiatan ini. Selama tiga minggu mereka dapat menimba ilmu dan sekaligus mengenal kebudayaan di negeri Jiran tersebut. Materi yang mereka dapatkan antara lain Komunikasi Sosial Budaya, Teori Pengajian Budaya Melayu, Komunikasi Silang Budaya, Historiografi Melayu dan beberapa materi penting lainnnya.

Di akhir kegiatan, pihak Akademi Pengajian Melayu mengadakan pentas seni sebagai ajang ramah tamah dan acara penutupan, Senin, (15/10). Kegiatan tersebut dinamai Majelis Penutup. Pada kesempatan tersebut mahasiswa FIB mempersembahkan pentas seni musik dan tari tradisional seperti pembacaan puisi,  tembang macapat “Pangkur Gedhong Kuning”,  pencak silat, tari   “Joget Bumbung” dari Bali , dan tari kreasi lainnya. Pada kesempatan tersebut juga diselingi obrolan santai bersama para mahasiswa dari Akademi Pengajian Melayu yang akan melaksanakan student exchange inbound di Fakultas Ilmu Budaya pada tanggal 5 Nopember 2018.

Pimpinan Akademi Pengajian Melayu yang diwakili oleh Prof. Nor Hisham Bin Osman menyampaikan rasa terima kasihnya terhadap semua peserta student exchange dari Fakultas Ilmu Budaya dan menyampaikan harapan yang terbaik untuk pelaksanaan pertukaran pelajar pada masa-masa yang akan datang.

Komentar

Shares