Foto: Marching band (MB) Universitas Sebelas Maret (UNS) mengukir prestasi juara 2 di kompetisi “Winter Guard International Thailand 2017”

Marching band (MB) Universitas Sebelas Maret (UNS) mengukir prestasi juara 2 di kompetisi “Winter Guard International Thailand 2017” di Sommai Stadium, Sisaket Thailand, Minggu (17/12/2017).

Pada gelaran Winter Guard International (WGI) Competition di Thailand tanggal 15-17 Desember 2017, Marching Band (MB) UNS berhasil meraih juara 2 untuk kategori Colour Guard dan kategori Winds. Dan Marching Band (MB) UNS membawa pulang  penghargaan sertifikat dan uang sejumlah 75.000 bath. Peserta WGI 2017 di Thailand berasal dari 4 negara (Thaliand, Philipina, Cina, Malaysia, dan Indonesia). Dari Indonesia ikut serta dari Marching Band Universitas Indonesia (MB UI) dan Universitas Muhamadiyah Yogyakarta (MB UNY).

WGI sendiri merupakan event resmi marching band dunia yang rutin digelar setiap tahun dan untuk Asia yang pelaksanaannya dibawah federasi Asian Marching Band Confederation (AMBC). Tidak semua organisasi Marching Band dapat mengikuti kompetisi WGI tersebut karena diperlukan biaya yang relatif cukup besar dan persiapan yang cukup lama. Marching Band UNS telah menyiapkan keikutsertaan di WGI 2017 lebih dari setahun dengan personil sebanyak 100 orang mahasiswa yang terdiri officer dan player serta ditambah dengan pelatih.

Foto: Pembina Marching Band UNS Tundjung W Sutirto bersama Kabiro Kemahasiswaan Rohman Agus Pratomo berfoto bersama Tim Marching Band UNS setelah merebut juara 2 di Thailand Championships minggu (17/12/2017).

“Apa yang telah diraih oleh Marching Band UNS di WGI 2017 merupakan prestasi yang membanggakan bagi UNS karena sudah sejak bertahun-tahun impian untuk ikut di arena internasional  ini  belum terlaksana. Akhirnya, dengan segala upaya dan program latihan yang terstruktur serta perencanaan yang baik dari segenap pengurus, pembina dan terutama dukungan dari Rektor UNS menjadikan Marching Band UNS bisa berjaya di kancah Internasional dalam WGI 2017”,ujar pembina MB UNS Tundjung W Sutirto.

Yang lebih membanggakan lagi dari raihan prestasi di WGI 2017 Thailand ini adalah Marching Band UNS dapat mengalahkan Marching Band UI yang sama-sama terjun di kategori Colour Guard dan Winds. Selama ini di arena kejuaraan Grand Prix Marching Band (GPMB) tingkat Nasional sulit sekali  MB UNS mengalahkan MB UI. Sehingga, ketika di arena Internasional MB UNS dapat mengalahkan MB UI maka hal itu merupakan sesuatu yang memberi nilai lebih kepada MB UNS.

“Harapan saya sebagai pembina adalah Marching Band (MB) UNS bisa tampil di event yang lebih tinggi lagi. Misalnya, bisa tampil di Pasadena Rose Festival. Tahun depan direncanakan tampil di GPMB Nasional. Karena, kalau tingkat Internasional perlu persiapan yang lebih matang karena perlu sumber daya yang besar termasuk pendanaannya”, imbuh Tundjung W Sutirto. (HUMAS-UNS).

Komentar

Shares