Malam Apresiasi Sastra 2016 “Balada Wong Solo”

Total
0
Shares

Sabtu, (3/12) Kemasindo selenggarakan  Malam Apresiasi Sastra 2016 di panggung pentas Taman Cerdas, Kelurahan Jebres. Acara yang ke-4 kalinya ini, dimulai pukul 19.00 hingga pukul 22.00 WIB. Mengangkat judul ‘Balada Wong Solo’ dalam bentuk pentas pertunjukan mahasiswa Sastra Indonesia. Pementasan tersebut berupa pertunjukan perkusi dari BnB percussion, teatrikal puisi, teater bahasa jawa, dagelan, dan musik kontemporer.

BnB percussion merupakan kependekan dari Biru Ndog Bebek adalah satu grup perkusi di Solo yang dipelopori oleh mahasiswa Sastra Indonesia FIB UNS. Grup ini mulai terbentuk pada tahun 2013 dengan personel wanita yang berstatus sebagai mahasiswi Sastra Indonesia FIB UNS. Grup ini dimanajeri oleh alumni Sastra Indonesia yaitu Arif. Pementasan lain seperti teatrikal puisi, teater bahasa jawa, dagelan, dan musik kontemporer merupakan pentas kolaborasi dari mahasiswa Sastra Indonesia FIB UNS yang terdiri dari berbagai angkatan yang menceritakan mengenai kehidupan warga kota Solo.

“Alasan KEMASINDO mengadakan acara ini, selain memperingati bulan bahasa yang jatuh pada bulan Oktober, serta sebagai bentuk ekspresi diri yang mengalih wahanakan sastra tulis ke bentuk pementasan, juga karena mengenalkan Sastra Indonesia kepada masyarakat sekitar kampus UNS. KEMASINDO berharap melalui acara ini, masyarakat dapat mengetahui dan kenal mengenai dunia sastra”, katanya Jawahir Gustav Rizal selaku ketua panitia.

“Selain untuk memperkenalkan prodi Sastra Indonesia tentu saja kegiatan ini pada takjubnya (apresiasi) mengauli karya sastra secara sungguh-sungguh sehingga akan menimbulkan suatu perasaan, pemikiran yang krisits, kepekaan yang pada akhirnya kecintaan pada karya sastra”, kata Bakdal dosen Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya, UNS.

sumber http://fib.uns.ac.id/berita

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You May Also Like