Kabar gembira kembali datang dari Program Studi Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta. Pasalnya, salah seorang mahasiswa Sastra Indonesia berhasil menorehkan prestasi di tingkat nasional. Bayu Aji Prasetya baru saja meraih Juara II Lomba Video Edukasi Tingkat Nasional yang diadakan oleh Syiar Kegiatan Islam (SKI) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UNS pada Oktober 2020.

Kompetisi tersebut merupakan rangkaian acara Islamic Festival 2020 yang terdiri dari lomba video edukasi dan lomba poster tingkat nasional. Setiap torehan prestasi pasti terdapat kunci, menurut Bayu. Faktor videonya mampu dilirik juri karena tema yang diusung sangat relevan dan mulia. Selain itu, video yang dia buat menekankan penggunaan medsos dengan bijak.

“Kami mengusung tema berbagi kebaikan melalui media sosial yang dikemas dalam video pendek berdurasi sekitar 5 menit. Dalam video tersebut menggambarkan seorang penjual koran yang sedang berjualan di lampu merah namun sedikit pembelinya. Kemudian, datanglah salah seorang tokoh lantas memfoto dan mengunggahnya di Instagram  dengan tunjuan publikasi. Apabila banyak orang datang untuk membeli korannya. Jadi, di sini kami menekankan bahwa media sosial dapat membawa banyak manfaat mulia jika digunakan dengan bijak” terangnya.

Bayu mengaku sangat senang dan bersyukur karena berhasil mendapatkan juara II tingkat nasional, kendati banyak mahasiswa semester muda dengan ide yang lebih segar. “Kami juga banyak mengamati banyak peserta, terutama mahasiswa semester muda. Mereka banyak membawa ide-ide yang segar. Alhamdulillah kami masih bisa memperoleh juara II.  Perasaan saya senang sekali karena bisa berprestasi meskipun sudah menjelang semester tua” ungkapnya.

Dunia mungkin sedang temaram karena pandemi Covid-19. Namun, sebagai mahasiswa patutlah tetap aktif dan semangat mengukir prestasi untuk kebanggaan almamater. “Semoga apa yang kami torehkan bisa membanggakan almamater tercinta.  Kami juga berharap melalui capaian ini bisa memotivasi mahasiswa lain untuk turut berprestasi di tengah pandemi,” harap Bayu. (Rensi)

 

Sumber : https://fib.uns.ac.id/

Komentar