Mahasiswa Prodi Sosiologi UNS Laksanakan Magang Peka Kota di Hysteria Semarang

Total
17
Shares

Pertengahan Januari 2016, empat mahasiswa Program studi Sosiologi Universitas Sebelas Maret menjalani proses pemagangan di Hysteria selama 45 hari, mereka adalah Reza, Ican, Fitri dan Risti. Dalam proses magang dan pembelajaran tersebut mereka terlibat dalam berbagai kegiatan seperti kegiatan Fest Kota Masa Depan II : Urbanisme Warga bersama beberapa volunteer dari Yogyakarta, Semarang dan Jakarta.

Histeria ada sejak September 2004  merupakan komunitas yang memfasilitasi orang-orang yang sedang mengembangkan komunitas. Lingkup kerja komunitas ini sebagian besar masih berada di Kota Semarang. Pemilihan Komunitas Hysteria yang dipimpin oleh Ahmad Khaerudin sebagai tempat magang dan belajar ini dikarenakan Hysteria memiliki platform “Peka Kota” yang berkonsep Citizen Urbanism (Kekotaan Warga) dimana warga berpaham tentang kota dan mau berkontribusi terhadap kotanya.

Peta Kota memiliki projek utama pemetaan online dengan menggunakan open street maps dan forum peka kota yang merupakan saran belajar melalui beberapa pendekatan.Hal ini seperti yang gencar digalakkan oleh beberapa dosen Program studi Sosiologi salah satunya Akhmad Ramdhon yang berkolaborasi dengan dosen dari Prodi Arsitek Universitas Sebelas Maret Kusuma Rully.
Magang di Hysteria ini telah terjalin selama dua tahun terakhir disamping tempat magang lain seperti Lab Tanya, Rujak Center for Urban Studies, Ketjil Bergerak, dan masih banyak lagi lainnya. Melalui pendekatan ini mahasiswa ini diajak belajar sekaligus menimba ilmu yang beragam sehingga diharapkan nantinya dapat langsung terjun dimasyarakat sesuai dengan bidang keilmuannya. (Humas FISIP UNS)

Hysteria

foto: Komunitas Hysteria. Foto: dok. Hysteria

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You May Also Like

Table Portal Program

Board webpages software enables a business to streamline all their corporate governance processes. That delivers tools to get board gatherings, document storage, digital voting, and collaboration. These tools streamline the…
View Post