Mahasiswa Prodi Sastra Indonesia Raih Juara I Dalam Ajang Lomba Penulisan Artikel Tingkat Nasional

Total
0
Shares

Senyum simpul kembali terukir dari prodi Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya (FIB) UNS, pasalnya salah satu mahasiswanya bernama Pradana Ricardo mendapatkan juara I dalam Lomba Penulisan Artikel The Power of Communication (DPOC) 2021 yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiwa Komunikasi (Himakom), Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Banten pada Rabu (17/02/2021). Menurut Ricardo kunci utama meraih perstasi adalah bekerja dengan detail dan maksimal.

Artikel mahasiswa prodi Sastra Indonesia angkatan 2019 ini berjudul Efektivitas Komunikasi Publik Berbasis Sosiokultural dalam Menekan Laju Penularan COVID-19 di Indonesia. Melalui tulisannya Ricardo ingin menjelaskan pentingnya pemerintah melakukan komunikasi publik dalam menangani pandemi COVID-19. Komunikasi tersebut tetap dengan memperhatikan unsur humanisme dan kebudayaan di Indonesia.

“Topik tersebut diangkat karena menurut saya pemerintah dalam mengambil kebijakan fokus di bidang kesehatan dan ekonomi saja. Selain itu, selama ini pemerintah hanya memberikan imbauan dan anjuran untuk menerapkan PHBS (perilaku hidup bersih dan sehat), menjaga jarak, dan memakai masker. Pemerintah seolah lupa bahwa menyelesaikan pandemi tidak hanya sekadar menurunkan angka-angka statistik tapi juga berkaitan dengan manusia dan tata laksana kehidupannya. Oleh karena itu, menurut saya pemerintah perlu membuka ruang bagi para ahli budaya untuk turut memetakan strategi penangan COVID-19 dan mengkomunikasikannya ke masyarakat dengan pendekatan sosiokultural” terangnya.

Ditambahkan juga oleh mahasiswa kelahiran Klaten ini, faktor utama artikelnya mampu menjadi yang terbaik diantara 85 peserta adalah aspek gagasan yang menarik dan relevan, bahkan mampu menjadi solusi dimasa pandemi ini. “Kalau menurut saya, ideologi dan gagasan yang ditawarkan menjadi faktor utama mampu menjadi juara. Saya berusaha untuk membawa permasalahan yang ada saat ini dan dicarikan solusinya melalui hal-hal yang ada di dalam masyarakat” ungkap Ricardo.

DPOC tahun ini mengusung tema Peran dan Efektivitas Komunikasi di Era Pandemi, mengingat pandemi Covid-19 semua kegiatan beralih menggudakan media daring. Kendati terbatasi dalam segi atifitas, hadirnya kegiatan semacam ini mampu menjadi triger untuk daya intelektual  bagi mahasiswa. (Rensi)

 

Sumber: https://fib.uns.ac.id/news/mahasiswa-prodi-sastra-indonesia-raih-juara-i-dalam-ajang-lomba-penulisan-artikel-tingkat-nasional

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You May Also Like