Mahasiswa Prodi Sastra Daerah Sabet Juara di IMBASADI

Total
0
Shares

Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, kegiatan sarasehan nasional Ikatan Mahasiswa Bahasa Dan Sastra Daerah Se-Indonesia (IMBASADI) kembali diselenggarakan. Kali ini sebagai tua rumah adalah FIB universitas Padjadjaran (UNPAD), Sabtu-Rabu (22-26/4). Tema yang diambil di tahun ini adalah, “Khasanah Budaya Daerah untuk Jiwa Nasionalisme dalam ke-Bhinekaan-Tunggal-Ika”.

Sebagai anggota aktif, Sastra Daerah FIB UNS mengirimkan 4 delegasi yakni, Bondan Ardiansyha (2014), Adi Wisnurutomo (2016), Mushoffiana Audina (2014) dan Murni Suharyanti (2015).

Selama mengikuti sarasehan, mahasiswa FIB tersebut mengikuti berbagai kegiatan yang diselenggarakan oleh panitia setempat, meliputi : Seminar, temu ilmiah, perlombaan (Puisi, Pidato dan Aksara/kaligrafi bahasa daerah), Pagelaran Putra Putri IMBASADI 2017, gelar budaya dan wisata budaya ke kampung naga (kampong adat Sunda yang ada di Tasik Malaya).

“Bagi saya, IMBASADI membuka cakrawala pengetahuan seputar bahasa dan sastra daerah tidak hanya lokal melainkan nasional. Sehingga dengan adanya kegiatan ini menambah wawasan dan pengetahuan dalam bidang bahasa dan sastra daerah Se-Indonesia”, ungkap Bondan Ardiansyha.

Rupanya, masing-masing delegasi tidak pulang dengan tangan hampa. Terbukti mampu menorehkan prestasi, yakni:

  1. Juara 1 Lomba pidato oleh Adi Wisnurutomo
  2. Juara 2 gelar budaya (pantomin dengan kostum tradisonal) oleh Bondan Ardiansyha dan Adi Wisnurutomo
  3. Juara harapan kaligrafi aksara daerah oleh Bondan Ardiansyha
  4. Juara harapan puisi oleh Murni Suharyanti (2015)

Sementara Prasetyo Adi Wisnu Wibowo, selaku pembinan Pandawa yang juga staff pengajar di Prodi Sastra Daerah mengatakan, “Selamat dan sukses bagi para delegator, mereka semua telah mampu menunjukkan prestasinya di tingkat nasional. Semoga mampu diikuti oleh mahasiswa-mahasiswa lainnya”.

Sumber: http://fib.uns.ac.id

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You May Also Like