Berita Fakultas Ilmu Budaya

MAHASISWA BARU FIB IKUTI PEMBEKALAN Soft Skills UNS Active

Dalam rangka memberikan pembekalan mahasiswa baru Universitas Sebelas Maret, termasuk Fakultas Ilmu Budaya menyelenggarakan  Program Kenal Kampus Mahasiswa Baru 2018 (PKKMB), Senin-Selasa (13-21/8/2018) di  FIB.  Untuk tahun ini tema yang diusung adalah Generasi Emas Indonesia.

Kegiatan yang diikuti seluruh mahasiswa baru di FIB ini bertujuan untuk memberikan pengenalan sekaligus pembinaan kepada mahasiswa baru Tahun Akademik 2018/2019 terhadap lingkungan barunya di kampus UNS. Selama sepuluh hari mereka diberikan wawasan dan pengetahuan tentang organisasai dan fungsi perguruan tinggi; layanan akademik; kegiatan kurikuler; belanegara; green campus public speaking, penalaran PKM dan kewirausahaan.

Dalam upacara kenal sambut di Fakultas Ilmu Budaya, Senin (13/8) Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni melaporkan bahwa tahun ini FIB UNS menerima sejumlah 430 orang mahasiswa, terdiri dari :

  1. Program studi Sastra Daerah : 61 mahasiswa
  2. Program studi Sastra Indonesia : 67 mahasiswa
  3. Program studi Sastra Inggris : 48 Mahasiswa
  4. Program studi Sejarah : 58 mahasiswa
  5. Program studi Sastra Arab : 49 mahasiswa
  6. Program studi D3 Bahasa Inggris : 36 mahasiswa
  7. Program studi D3 Usaha Perjalanan Wisata : 60 mahasiswa
  8. Program studi D3 Bahasa Mandarin : 51 mahasiswa

Pada kesempatan yang sama pula  Plt. Dekan Fakultas Ilmu Budaya, Widodo Muktiyo juga menyambut baik kehadiran mahasiwa baru dan memperkenalkannya kepada semua pimpinan di lingkungan Fakultas Ilmu Budaya. “Kami mengucapkan selamat datang dan selamat bergabung di Fakultas Ilmu Budaya. Saya pribadi mengharapkan mahasiswa baru ini harus menjadi pelopor dalam menulis karya ilmiah khususnya di bidang budaya.” “Di samping itu menjadi mahasiswa baru harus memiliki semangat dan planning yang baik, memiliki IPK di atas 3,5;  aktif di organisasi kemahasiswaan dan aktif mengikuti berbagai lomba. Sehingga dapat menyumbangkan prestasi serta membawa nama harum FIB,’’lanjut beliau disambut tepuk meriah mahasiswa baru.

Upacara penyambutan mahasiswa berakhir dengan penyematan PIN bagi perwakilan mahasiswa baru dari masing-masing prodi, sebagai tanda PKKMB 2018 dimulai secara resmi.

PKKMB 2018 di FIB berlangsung lancar karena dukungan berbagai pihak, termasuk diantaranya panitia dari para mahasiswa senior yang tergabung dalam UKM dan HMP serta DEMA dan BEM. Diharapkan melalui pembekalan softskill UNS ACTIVE bagi mahasiswa baru akan mampu membentuk karakter positif yang mampu menghasilkan generasi-generasi muda bertanggung jawab dan sebagai agen perubahan.

Sumber: http://fib.uns.ac.id/berita/mahasiswa-baru-fib-ikuti-pembekalan-soft-skills-uns-active/

Komentar

Shares