Bersama dengan tiga tenaga kependidikan (tendik) Universitas Sebelas Maret (UNS), Lucida Rectavia, tendik Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNS mendapat kesempatan untuk magang di universitas mitra UNS di luar negeri, selama sepuluh hari, di akhir Oktober lalu.

Kesempatan magang diperoleh setelah Lucida terpilih menjadi salah satu dari empat tendik terbaik di Program UNS Global Talent 2019 yang diselenggarakan oleh International Office (IO) UNS.

Sebelumnya, serangkaian kegiatan UNS Global Talent 2019 untuk menyeleksi kepiawaian tendik telah dilaksanakan, diantaranya adalah beberapa lokakarya dengan materi English Language Skill in The Workplace, Cross Cultural Understanding, dan Global Mindset.

Berfoto bersama Mr. Tanapon Chaisan, Ph.D Deputi Direktur KURDI (tengah) dan para penelitinya

Program bagi tendik ini adalah kali kedua yang diselenggarakan oleh IO UNS. Di tahun 2018, IO juga telah memberangkatkan 4 tendik untuk magang ke universitas di Thailand dan Taiwan.

UNS Global Talent bagi tendik adalah program peningkatan keterampilan untuk mengembangkan jaringan dan keterampilan komunikasi di tempat kerja di tingkat internasional.

Saat ditemui Media FEB UNS di ruang kerjanya, Lucida memang sangat berharap untuk dapat lolos di program ini. Namun, waktu itu sempat ada sedikit “minder” karena ternyata di kegiatan ini, dikuti oleh tendik yang memiliki kecakapan sangat baik dalam berbahasa Inggris, terlebih yang keseharian bekerja di UPT Bahasa UNS.

“Alhamdulillah, akhirnya bisa lolos juga, meski kekhawatiran itu ada. Ini adalah amanah yang dipercayakan ke saya, dan saya akan berusaha memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya, untuk menjaga nama baik UNS” tuturnya

Selama sepuluh hari, Lucida dengan Wuji anggraini, tendik UPT Bahasa UNS menjalani aktifitas magangnya di Kasetsart University, Bangkok, Thailand.

Diskusi dengan Assoc. Prof. Piwat Hitakorn, Ph.D Direktur KU Language

Di hari pertama masih mengikuti masa orientasi dan gambaran umum tentang Kasetsart University (KU). Orientasi dimulai dengan pengenalan petugas, lingkungan, peraturan dan fasilitas Krissana International Dormitory. Krissana International Dormitory adalah salah satu gedung dormitory yang berada di komplek KU Dormitory yang dikhususkan untuk mahasiswa asing yang belajar/ magang di KU.

Hari berikutnya, secara berturut-turut Lucida mengikuti aktifitas di beberapa tempat, training di International Affairs Division (IAD), mengunjungi KU Research and Development Institute (KURDI), Kasetsart University Language Center (KU Lang), mengunjungi salah satu Fakultas yaitu Faculty of Business Administration, dan dihari terakhir mengunjugi KU Library (KU Lib) yang berada pada komplek KU Learning Center.

Lucida sangat menikmati aktifitas magangnya di Kasetsart University. Kegiatan ini semakin menambah wawasannya terkait internasionalisasi di tingkat universitas dan meningkatnya kemampuan bergaul dan berkomunikasi dalam bahasa Inggris serta menumbuhkan ide-ide segar dalam pengelolaan administrasi suatu lembaga.

Selain itu, aktifitas ini juga mampu menumbuhkan kepercayaan diri dan kemampuan beradaptasi pada lingkungan asing dan menjadi minoritas, kemampuan memecahkan masalah dan menghadapi berbagai kendala di lingkungan magang, dormitory dan masyarakat umum.

Diakhir ulasannya, Lucida mengatakan bahwa secara kelembagaan, hasil dari kegiatan ini adalah diundangnya Rektor UNS untuk menghadiri Anniversary Kasetsart University ke 77 pada bulan Februari 2020 mendatang.

Komentar

Shares