Lokakarya Review Borang Akreditasi dan Perpisahan Purna Tugas Dosen Sosiologi

Total
1
Shares
Lokakarya Akreditasi Sosiologi
Lokakarya Akreditasi Sosiologi

Akreditasi bagi sebuah lembaga merupakan pengakuan terhadap lembaga atau institusi termasuk dalam perguruan tinggi. Akreditasi bagi perguruan tinggi atau bahkan program studi menunjukkan pelaksanaan program pendidikan dan mutu lulusan yang dihasilkan dengan berdasarkan pada   standar  yang telah ditetapkan dalam hal ini adalah Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT).

Awal Tahun 2016 ini Program Studi Sosiologi telah melaksanakan reakreditasi program studi walaupun hasilnya belum sesuai dengan yang diharapkan tetapi Program Studi Sosiologi tetap optimis akan pencapaian akreditasi program studi dimasa depan. Untuk itu guna mempersiapkan segala sesuatunya lebih awal, Jumat, 18 Maret 2016, pukul 14.00-17.00 WIB di Rumah makan dan Pemancingan Syakilla 77 Kawasan  wisata Janti Jl Tegalgondo Janti Km 5 Polanharjo Klaten. Kegiatan itu dilakukan bersamaan dengan kegiatan perpisahan dari dua orang dosen Sosiologi yaitu Drs.H. Muflich Nurhadi, SU dan Drs. Jefta Leibo, SU yang purna tugas di tahun 2016 ini.  Hadir dalam acara tersebut Jajaran Dekanat, dosen-dosen Program Studi Sosiologi, Kepala Bagian dan Kepala Sub Bagian yang ada di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sebelas Maret (FISIP UNS).IMG-20160318-WA0014

Sebagaimana diketahui bersama bahwa penetapan akreditasi oleh BAN-PT dilakukan dengan menilai proses dan kinerja serta keterkaitan antara tujuan, masukan, proses dan keluaran suatu perguruan tinggi atau program studi, yang merupakan tanggung jawab perguruan tinggi atau program studi tersebut.

Beberapa hal yang perlu  disiapkan untuk reakreditasi program studi sosiologi selanjutnya adalah mempersiapkan berbagai instrument   yang terdiri dari banyak borang yang harus diisi sebagai panduan pengisian antara lain  berupa  Naskah Akademik, Standar Dan Prosedur, Borang Program Studi, Borang Unit Pengelola Program Studi,  dan masih banyak lagi lainnya .

Dan untuk menjaga kredibilitas proses akreditasi saat ini  oleh BAN PT telah dikembangkan sebuah buku Kode Etik Akreditasi. sehingga harapannya  perangkat instrumen akreditasi program studi ini dapat dimanfaatkan  sebagai  upaya  peningkatan mutu program studi di seluruh Indonesia.IMG-20160318-WA0013

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You May Also Like