Lecut Semangat Dosen Meneliti FIB Adakan Pendampingan Penyusunan Proposal P2M

Tindak lanjut dari kegiatan Pelatihan Penyusunan Proposal Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P2M) yang diselenggarakan Oktober tahun lalu, Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Sebelas Maret (UNS), Surakarta kini menggelar Pendampingan Penyusunan Proposal P2M pada Rabu pagi (05/01/2022). Bertempat di Indraprastha Hall, UNS Inn, narasumber yang diundang adalah Dr. Drajat Tri Kartono, M.Si. dan Dra. Rara Sugiarti, M.Tourism. sebagai moderator.

Wakil Dekan Akademik, Riset, dan Kemahasiswaan FIB UNS, Prof. Tri Wiratno, M.A dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini dapat menggiring pada penulisan proposal yang baik. “Selamat datang Dr. Drajat, melalui beliau kita semua dapat belajar terkait proposal yang baik dan disyaratkan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Kegiatan ini juga akan membahas beberapa proposal yang sudah dikirim sebelumnya” tuturnya.

Prof. Tri juga mengajak para peserta yang terdiri dari Dosen lintas Program Studi (prodi) FIB UNS untuk giat menulis proposal dan diharapkan memiliki bank proposal. “Mari bersama kita lebih produktif menulis” imbuhnya.

Dr. Drajat dalam pembahasannya menyampaikan bahawa penelitian pada dasarnya harus menghasilkan ilmu dan berkontribusi, selain itu beliau juga memaparkan beberapa jenis proposal yang peluangnya lebih besar didanai oleh Kemendikbudristek. “Nah, saya akan memberikan contoh proposal yang berpeluang antara lain, proposal vokasi, proposal riset keilmuan, proposal riset prioritas nasional, proposal riset, dan pengabdian MBKM” terangnya.

Dalam kegiatan Pendampingan Penyusunan Proposal P2M ada sebanyak dua proposal yang dibahas dalam forum, proposal penelitian pertama disusun oleh Muhammad Yunus Anis, S.S., M.A. dosen prodi Sastra Arab, dan yang kedua proposal dari Prof. Dr. Djatmika, M.A. dosen prodi Sastra Inggris. Melalui kegiatan ini diharapkan dosen FIB lebih produktif melahirkan proposal yang luarannya dapat berdaya guna bagi masyarakat. (Rensi)

 

Sumber: http://fib.uns.ac.id

You May Also Like