Lebih Siap Dengan Instrumen Akreditasi Program Studi 4.0, Fakultas MIPA Selenggarakan Lokakarya

Total
0
Shares

Bidang Akademik Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Sebelas Maret (UNS) Menyelenggarakan Lokakarya Penyusunan Laporan Kinerja Program Studi (LKPS).

Lokakarya diselenggarakan pada hari Rabu (30/10/2019) bertempat di R. Indrakila UNS Inn Surakarta diikuti oleh seluruh Kepala Program Studi yang ada di Fakultas MIPA beserta admin Prodi.

Bertindak selaku narasumber adalah Dr. Ngadiso, M.Pd dari unit Jaminan Mutu  Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu (LPPMP) UNS.

Tujuan diselenggarakannya lokakarya adalah sebagai bekal Prodi menyusun borang akreditasi sekaligus penjelasan teknis tata cara pengisian LKPS. LKPS merupakan instrument baru dalam akreditasi Prodi. Sesuai ketentuan BAN PT, mulai 1 April 2019 perguruan tinggi dan program studi wajib menyampaikan usulan akreditasi melalui SAPTO. SAPTO atau Sistem Akreditasi Perguruan Tinggi Online adalah sistem yang diselenggarakan BAN-PT untuk proses akreditasi perguruan tinggi secara online. Dikembangkan untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas proses akreditasi perguruan tinggi. Instrumen baru ini disebut instrumen Akreditasi Program Studi (APS) 4.0 yang terdiri dari LKPS, Laporan Evaluasi Diri dan Borang Data Kuantitatif.

Sementara itu Dekan FMIPA, Drs. Harjana, M.Si.,M.Sc., Ph.D berpesan kepada peserta lokakarya agar masing-masing prodi mempersiapkan instrument akreditasi sedini mungkin.

“kepada kaprodi untuk bisa mempersiapkan instrument akreditasi sedini mungkin, sehingga ketika pengajuan akreditasi data sudah siap,” ujar Dekan.

Dekan juga berpesan agar judul penelitian dan mata kuliah harus saling terkait dengan tugas beban mengajar, sehingga akan meningkatkan standar pembelajaran. [Mnr/MIPA] Selengkapnya klik DISINI

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You May Also Like