Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UNS menerima kunjungan dari Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Bogor, Selasa, 10 Mei 2016. Para siswa yang berjumlah 104 orang didampingi  11  guru pendamping diterima oleh pimpinan FEB pukul 10.00 di Aula FEB. Dalam sambutannya, Dekan FEB – Hunik Sri Runing Sawitri menyampaikan selamat datang kepada para guru dan siswa dan berterimakasih telah memilih FEB sebagai salah satu tempat kunjungan studi. Selanjutnya dipaparkan bahwa FEB memiliki prodi yang lengkap mulai dari Diploma sampai dengan Program Doktor, dengan rincian enam Prodi Diploma III: Akuntansi, Perpajakan, Manajemen Pemasaran, Manajemen Bisnis, Keuangan dan Perbankan, dan Manajemen Perdagangan; tiga Prodi S1: Manajemen, Akuntansi dan Ekonomi Pembangunan;  tiga prodi S2: Magister Akuntansi, Magister Manajemen dan Magister Ekonomi Studi Pembangunan; satu Pendidikan Profesi Akuntansi serta  satu Program Studi Doktor Ilmu Ekonomi. Dari ke empat belas program studi tersebut, sembilan prodi telah terakreditasi A yaitu seluruh prodi S1 dan S2 serta tiga prodi D3: Manajemen Pemasaran, Akuntansi & Perpajakan. Prodi lainnya akan diupayakan untuk menjadi A, karena ada potensi untuk mendapatkan nilai itu.

Kunj MAN 2 Bogor 3Kunj MAN 2 Bogor 7Kunj MAN 2 Bogor 2Kunj MAN 2 Bogor 5

“Kedatangan kami ke FEB adalah untuk mencari informasi yang utuh bagaimana cara masuk perguruan tinggi khususnya FEB dan juga prospektif lulusannya” papar Yayat Supriyatna, Wakil Kesiswaan MAN 2 Kota Bogor. Lebih lanjut dijelaskan jumlah siswa MAN 2 Kota Bogor yang berkunjung ke UNS seluruhnya berjumlah 400 siswa, dibagi ke tiga fakultas, FEB, FKIP dan MIPA.

Lima siswa memanfaatkan sesi tanya jawab dengan beberapa pertanyaan terkait passing grade FEB, beasiswa, jalur masuk ke UNS dan pembiayaan studi. Satu pertanyaan menarik dari siswa MAN Bogor adalah adalah tentang penamaan UNS, mengapa harus disebut Universitas Sebelas Maret, apakah dikarenakan hari lahirnya pada tanggal 11 Maret.

“Yusuf Kalla pernah mengatakan ada dua perguruan tinggi yang unik di Indonesia yaitu UNS di Surakarta dan ITS di Surabaya. Dua perguruan tinggi tersebut menggunakan tanggal sebagai nama perguruan tinggi, Universitas Sebelas Maret dan Institut Teknologi Sepuluh November” jelas  Lukman Hakim, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni FEB.  Lebih lanjut dijelaskan Lukman Hakim bahwa Universitas Sebelas Maret berdiri pada tanggal 11 Maret 1976. Nama pada saat berdirinya adalah Universitas Negeri Surakarta Sebelas Maret Surakarta (UNS Sebelas Maret). Dalam perkembangannya, pada tahun 1982 nama dan singkatan Universitas Negeri Surakarta Sebelas Maret Surakarta (UNS Sebelas Maret), ditetapkan menjadi Universitas Sebelas Maret yang disingkat UNS. Perubahan nama dan singkatan ini diresmikan dengan Keputusan Presiden RI No. 55 Tahun 1982.

Acara diakhiri dengan saling bertukar cendera mata dan dilanjutkan foto bersama.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You May Also Like