Kolaborasi FISIP UNS dengan University de La Rochelle dan Museum Histoire Naturelle La Rochelle Perancis

Total
0
Shares

Dalam rangka internasionalisasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sebelas Maret (FISIP UNS) menyelenggarakan pertemuan untuk menginisiasi kerja sama dengan Universite de La Rochelle (ULR) dan Museum Histoire Naturelle La Rochelle (MHN) Perancis. Acara dilaksanakan di Rumah Makan Godong Salam Jalan Adi Sucipto Manahan Solo, pada hari Minggu, 21 Agustus 2016 pukul 19.00 WIB yang dihadiri oleh jajaran dekanat FISIP UNS yaitu Prof. Ismi Dwi Astuti, Dr. Sudarmo, Ph.D, Drs. Hamid Arifin, M.Si, Kepala Prodi Sosiologi UNS Dr. Ahmad Zuber, DEA, Guru Besar Ilmu Komunikasi Prof. Pawito, Ph.D dan tim peneliti Lab. Sosiologi. Dari pihak Universite de La Rochelle diwakili oleh Prof. Charles Illouz sekaligus sebagai kurator dari Museum Histoire Naturelle La Rochelle dan Agung Wibowo, M.A selaku peneliti di Universite de La Rochelle.

Agenda utama dalam pertemuan tersebut adalah pembahasan tentang  kegiatan penelitian kolaborasi internasional yang sudah dilakukan antara Lab Sosiologi dengan Universitas La Rochelle serta menginisiasi kerjasama di bidang akademik dan internasionalisasi antara FISIP UNS dengan Universite de La Rochelle. Sesi pertama membahas agenda penelitian dari Tim peneliti yang disampaikan oleh Prof. Pawito dan Panggio Restu W dari Lab. Sosiologi. Tim peneliti UNS akan fokus pada transformasi identitas kultural dalam terpaan globalisasi pada masyarakat kebudayaan panaragan, padhalungan, tapal kuda, dan arekan. Selain itu juga melakukan penelitian etnografik tentang seni pertunjukkan di Jawa Timur. Riset yang sudah dilakukan oleh Lab Sosiologi mengenai krisis sosial budaya dalam perubahan identitas bangsa di enam kota di Indonesia menjadi dasar dalam pengembangan roadmap penelitian yang fokus pada kajian identitas. Dengan kolaborasi bersama tim peneliti Universite de La Rochelle membuka peluang penelitian bagi FISIP UNS tentang Sosiologi Pertunjukkan di Jawa Timur serta publikasi bersama antara FISIP UNS dan Universite de La Rochelle (ULR) berupa buku atau jurnal.

Sedangkan yang sudah dilakukan oleh tim peneliti Universite de La Rochelle seperti disampaikan oleh Prof Charles dan Agung Wibowo adalah pengarsipan dan pendokumentasian seni pertunjukkan Jawa Timur. Dalam hal ini, Museum Histoire Naturelle La Rochelle (MHN) akan memajang barongan Reyok dan Jaranan. Setelah melakukan pengumpulan data, tim Histoire Naturelle La Rochelle (MHN) akan melakukan penyusunan dan pengembangan dokumen ilmiah seperti pendaftaran inventarisasi museografi di Kementrian Kebudayaan Perancis, pembuatan film Barongan, Reyok dan Jaranan. Setelah itu, akan dilakukan inagurasi pameran Barongan, pemutaran film dan seminar untuk umum di kota La Rochelle.

Sesi kedua dilanjutkan mengenai pembahasan beberapa inisiasi kerjasama yang coba ditawarkan oleh Dekan FISIP UNS Prof Ismi Dwi Astuti diantaranya student exchange, lecture exchange, penulisan bersama karya ilmiah dan tawaran reviewer jurnal kepada Prof. Charles Illouz. Universite de La Rochelle (ULR) juga memberikan kesempatan magang mahasiswa di Ecole du Louvre Paris dan pengiriman mahasiswa melalui mekanisme residensi sineas muda untuk pembuatan film di Inter Monde (pusat kebudayaan kota La Rochelle).

Dari pihak FISIP UNS memberikan tawaran bagi Universite de La Rochelle untuk dapat melakukan kuliah umum ataupun publikasi ilmiah dengan fasilitas pembiayaan penuh dari UNS. Selain itu FISIP UNS juga siap untuk memfasilitasi pengiriman mahasiswa dalam rangka pertukaran pelajar ataupun magang industri ke La Rochelle Prancis serta pengiriman pakar FISIP UNS untuk dapat memberikan kuliah ataupun melakukan penelitian di La Rochelle.

Pihak Universite de La Rochelle menyambut baik tawaran kerjasama dari FISIP UNS. Di akhir pertemuan kedua Pihak berkomitmen untuk bersama sama akan merealisasikan inisiasi kerjasama dalam beberapa tahun mendatang. Inisiasi kerjasama yang telah dibahas akan dituangkan dalam sebuah dokumen perjanjian kerjasama dan di tanda tangani kedua belah pihak. (Maryani FISIP UNS)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You May Also Like