Spread the love

FMIPA UNS – Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Sebelas Maret (UNS) Drs. Harjana, M.Si., M.Sc. Ph.D pada hari Rabu, 16 September 2020 menerima Mahasiswa Baru Fakultas MIPA tahun ajaran 2020/2021. Penerimaan mahasiswa baru ini dikemas dalam acara Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) 2020. Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, pelaksanaan PKKMB tahun ini diadakan secara luring dan daring menggunakan aplikasi Zoom Meeting. Hal ini dikarenakan bangsa Indonesia dan bangsa-bangsa di negara lain tengah dilanda wabah covid-19.

Kondisi ini memberikan tantangan sekaligus peluang kita untuk bisa bangkit serta keluar dari rutinitas yang ada untuk selanjutnya menciptakan kreatifitas dengan memanfaatkan teknologi sesuai dengan eranya.

PKKMB Fakultas MIPA tahun 2020 diikuti oleh mahasiswa program sarjana dan pasca sarjana, dimana untuk program sarjana sebanyak 657 mahasiswa dan program pasca sarjana gelombang I sebanyak 12 mahasiswa. Sebagaimana dilaporkan oleh ketua PKKMB sekaligus Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Fahru Nurosyid, M.Si, bahwa  jumlah mahasiswa program sarjana terdiri dari Program Studi (Prodi) Matematika sebanyak 78 mahasiswa, Prodi Fisika 99 mahasiswa, Prodi Kimia (89), Prodi Biologi (92), Prodi Informatika (82), Prodi Farmasi (63), Prodi Statistika (75) dan Prodi Ilmu Lingkungan (79). Sementara untuk Program Pasca Sarjana terdiri dari S2 Fisika sebanyak 2 mahasiswa, S2 Kimia dan S2 Biosains masing-masing terdiri dari 7 dan 3 mahasiswa.

Lebih lanjut Dr. Fahru mengatakan bahwa tujuan PKKMB adalah dalam rangka menyiapkan mahasiswa baru melewati proses transisi menjadi mahasiswa yang dewasa, mandiri serta mempercepat proses adaptasi dengan lingkungan yang baru.

“Kami berharap kegiatan ini bisa dijadikan mementum untuk mendapat informasi yang tepat mengenai sistem pendidikan di perguruan tinggi” ujar Dr. Fahru.

Sementara itu Drs. Harjana, M.Si., M.Sc., Ph.D selaku dekan FMIPA dalam sambutan pembukaan menyampaikan pesan kepada para mahasiswa untuk bersyukur atas prestasi yang didapatkan. Karena pilihan untuk bergabung dengan keluarga besar FMIPA UNS adalah pilihan terbaik berkat kesungguhan dan ketetapan hati.

“Kehadiran kalian merupakan spirit dan energi baru Fakultas MIPA untuk terus berusaha menjadi lebih baik, maju dan berkembang” ujar Drs. Harjana Ketika memberikan motivasi mahasiswa baru.

Acara ini juga diharapkan bisa menjadi ajang penyadaran akan pentingnya pemahaman tentang globalisasi dan revolusi industri 4.0 yang menuntut mahasiswa untuk menjadi orang-orang yang menghayati dan memilki literasi data, literasi teknologi dan literasi kemanusiaan serta kesiapan untuk penguasaan kompetensi yang diperlukan di abad 21. [MnR/MIPA]

berita lebih engkap bisa di lihat di mipa.uns.ac.id

Komentar