Kampus FEB Tampak Sepi Sejak Diberlakukan Pembelajaran Daring, Layanan administrasi Disesuaikan

Total
0
Shares

Suasana kampus Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sebelas Maret (FEB UNS) dan juga lingkungan UNS terlihat sepi sejak Rektor UNS mengeluarkan Surat Edaran (SE) tentang kewaspadaan dini, kesiapsiagaan serta tindakan antisipasi pencegahan penyebaran infeksi Covid-19 di lingkungan UNS.

Dalam edaran tersebut, Rektor menginstruksikan kepada seluruh dosen UNS untuk mengubah bentuk perkuliahan tatap muka menjadi pembelajaran daring (online) terhitung sejak hari Senin 16 Maret s.d. Sabtu 28 Maret 2020.

Ruang Perkuliahan di Gedung II FEB UNS

Ruang perkuliahan yang biasanya penuh dengan aktifitas pembelajaran sementara tidak difungsikan. Di gedung-gedung perkuliahan, gedung 2, gedung 4 dan gedung 5 FEB tampak sepi, hanya sesekali tampak petugas yang sedang membersihkan ruang-ruang kelas dan juga beberapa tenaga kependidikan (tendik) atau staf FEB UNS.

Beberapa tendik FEB masih terlihat melakukan aktifitas administrasi di ruang kerja masing-masing. Pelayanan administrasi masih tetap diselenggarakan dengan dilakukan penjadwalan jaga/piket dan sebagiannya lagi memberlakukan kerja setengah hari.

Penjadwalan layanan ini merujuk pada SE Rektor nomor 10/UN27/SE/2020 tentang penyesuaian layanan dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

Suasana di halaman Gedung I FEB UNS, biasanya banyak mobil yang diparkir

Dalam SE tersebut disebutkan bahwa pimpinan unit kerja dapat menunjuk tendik yang bekerja dari rumah (Work From Home) secara selektif dan adil. Penunjukkan tersebut dengan mempertimbangkan jenis pekerjaan yang dapat dilakukan dirumah, urgenitas pekerjaan yang harus diselesaikan, domisili dan alat transportasi yang digunakan serta kondisi kesehatan pegawai.

Untuk beberapa aktifitas pekerjaan kantor masih harus diselenggarakan di kantor, seperti sistem pengelolaan persuratan elektronik dan dokumentasi elektronik (scan).

Bagi tendik yang piket masih difasilitasi dengan finger print dan bagi yang bekerja dari rumah melakukan presensi secara manual serta wajib memberikan laporan hasil perkembangan pekerjaan kepada atasan langsung.

Dalam hal pelaksanaan koordinasi antara pimpinan dan staf dapat dilakukan dengan media online zoom cloud meeting, webex, WA dan lainnya. Hal ini untuk mengurangi potensi kerumunan orang dan tatap muka yang menghadirkan banyak orang.

Aktifitas koordinasi online ini pernah dilakukan Wakil Dekan Bidang Akademik FEB UNS, Dr. Izza Mafruhah, M.Si dengan Kepala Sub Bagian Akademik, Nur Hariawan, SH.untuk membahas hal-hal yang berhubungan dengan informasi dan aktifitas bidang akademik, terutama tentang perkuliahan daring yang baru saja diberlakukan secara menyeluruh bagi dosen. (Humas FEB)

 

Editor: Drs. BRM. Bambang Irawan, M.Si.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You May Also Like