Kali kedua di Tahun 2019, Tim Audit Mutu Internal Kunjungi FEB

Total
0
Shares

Tim Audit Mutu Internal (AMI) yang diketuai oleh Mercy Bientri Yunindanova, S.Pt, M.Si akan melakukan audit selama beberapa hari di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sebelas Maret (FEB UNS). Opening meeting digelar Kamis, 14 November 2019.

Kehadiran Tim AMI disambut oleh Dr. Izza Mafruhah, Wakil Dekan Bidang Akademik, dan juga Kepala Program Studi (Kaprodi) serta Tim Unit Penjaminan Mutu (UPM) FEB UNS .Kegiatan ini adalah kali kedua digelar di tahun 2019. Audit sebelumnya dilaksanakan di bulan Mei.Ada beberapa perubahan terutama terkait waktu pelaksanaan dan jenis temuan.Pada periode II di tahun 2019, AMI dilakukan dua kali dalam setahun, di periode semester ganjil dan genap. Sedangkan di tahun 2020 dan ke depannya hanya dilakukan sekali dalam setahun,

Untuk jenis temuan di periode I 2019 yakni mayor, minor dan observasi. Namun jenis temuan periode II tahun 2019 dan berikutnya menjadi Observasi dan Ketidaksesuaian .

Di awal penjelasannya, Mercy mengatakan bahwa tujuan AMI bukan dalam konteks mencari ketidaksesuaian namun untuk membangun budaya mutu di perguruan tinggi.Yang paling penting adalah membantu lembaga dan unit dalam mempersiapkan diri dalam kegiatan penjaminan mutu eksternal, misalnya akreditasi BAN PT, ataupun sertifikasi internasional.

Dijelaskan, temuan AMI meliputi empat kategori yakni mencapai standar, melampaui, belum mencapai dan menyimpang.Untuk temuan yang belum mencapai dan menyimpang dari standar maka temuan tersebut dikategorikan Observasi (OB) atau Ketidaksesuain (KTS) .

Observasi adalah temuan yang berpotensi menjadi ketidaksesuain atau temuan yang dapat segera diperbaiki.Sedangkan Keidaksesuain adalah temuan yang belum mencapai, menyimpang dan tidak sesuai dengan standar atau persyarataan yang diitentukan Perguruan Tinggi (PT).

Adapun indikator yang digunakan adalah menggunakan instrumen Akreditasi Program Studi (IAPS) versi 4.0 berorientasi pada output dan outcome dan terdiri dari 2 bagian, Laporan Kinerja Program Studi (LKPS) dan Laporan Evaluasi Diri (LED).

Di periode ini , prioritas untuk diaudit adalah Wakil Manajemen Mutu (WMM)/Wakil Dekan Bidang Akademik, MESP, Maksi, MM, KP , Pajak dan Akuntansi.Pelaksanaan audit menyesuaikan jadwal dari Kaprodi. Tim audit yang terdiri dari 6 orang akan terbagi ke beberapa prodi yang akan diaudit.

Closing meeting telah diagendakan dan akan dilaksanakan pada tanggal 22 atau 25 November 2019.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You May Also Like

Majelis Jejak Nabi UNS

SOLO – Majelis Jejak Nabi (MJN) digelar di Masjid Nurul Huda UNS pagi ini (4/12). Menghadirkan Ustadz Dwi Budiyanto dan Ustadz Salim A. Fillah sebagai pemateri, berhasil menarik sekitar 700…
View Post