International Batik Short Course atau sering disebut IBSC adalah kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahun oleh Fakultas Seni Rupa dan Desain Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Tahun 2019 adalah yang ke 4 pelaksanaan IBSC, pembukaan dilaksanakan di Selasar Bawah Kanopi gedung 2 FSRD oleh Dekan FSRD UNS Dr.Rahmanu Widayat, M.Sn. disusul oleh Ketua Pelaksana IBSC ke 4, Dra. Tiwi Bina Affanti, M.Sn. .

Kegiatan ini Diikuti oleh  14 mahasiswa asing dari 10 negara. Dalam pelaksanaannya , mahasiswa asing di beri pengenalan batik kemudian dilanjutkan dengan praktek membuat batik, dari mulai batik cap dan batik tulis.  Proses pertama kali mahasiswa asing diminta untuk mencoba membuat batik dengan metode cap, dan dilanjutkan dengan teknik batik tulis praktek cara mencanting dengan benar.

Kegiatan ini berlangsung selama  4 hari pelaksanaan. Hari kedua dilanjutkan dengan kunjungan di industry Batik di sekitar karesidenan Surakarta, kegiatan kunjungan ini sebagai pengenalan jenis batik dan sejarah batik di Indonesia terutama di solo. Kediatan hari ke tiga dan keempat diisi dengan proses pewarnaan dari hasil batik yang telah dibuta pada hari pertama tersebut. Dan ditambah dengan proses finising dari batik untuk menjadi kain batik yang siap di gunakan.

 

Komentar

Shares