Program Doktor Ilmu Ekonomi gelar Kuliah Umum Senin 5/2/ 2018 di Aula Gedung IV FEB. Kegiatan yang diikuti oleh mahasiswa Program Doktor Ilmu Ekonomi dan dosen FEB UNS mengambil tema Destruksi Kreatif: Persaingan vs Kerjasama.

Hadir sebagai narasumber tunggal : Prof.Sri Edi Swasono, Guru Besar Universitas Indonesia.

Hunik Sri Runing Sawitri, Dekan FEB UNS dalam sambutannya menyatakan sekarang ini kita masuk pada era revolusi industri ke 4 yang ditandai dengan semakin maraknya teknologi informasi, serba digital.

“Kreatifitas yang dilakukan selama ini bisa jadi tidak pas lagi dijaman ini. Namun, bagaimanapun keadaanya kita tidak bisa lari atau menghindar” katanya.

Edi Swasono dalam paparannya menjelaskan inovasi disruptif atau destruksi kreatif bukanlah sekedar makin meluasnya digitalisasi dan secara pop menggambarkan sekedar transaksi yang serba online, jauh lebih berat dari itu meliputi perubahan besar inovatif dan kreatif dalam peran badan usaha institusional, vokasi dan okupasinya. Akan terjadi kebutuhan keahlian baru, tenaga kerja baru dan penciptaan pekerjaan baru yang yang tidak bisa dipenuhi oleh keahlian lama sebelumnya.

Lebih lanjut dijelaskan Edi Swasono bahwa kita hanya akan tahu wujud dan perangai destruksi kreatif global secara samar. Untuk Indonesia dan negara-negara ASEAN, kiranya destruksi kreatif itu disamping dapat merupakan ancaman ekonomi, dapat pula merupakan peluang untuk mencapai kemajuan. Inilah tantangan bagi kita untuk meresponnya secara kreatif.

Komentar

Shares