Kegiatan magang merupakan proses pembelajaran bagi mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman pada dunia kerja dan sebagai sarana mengasah softskill mahasiswa serta sebagai sarana belajar untuk memahami berbagai alternatif penyelesaian masalah dengan menggunakan kajian ilmu yang telah diperoleh dari kampus.

Untuk memperkenalkan program magang,  Internship and Career Development (ICD) yang diketuai oleh  Siti Khoiriyah menyelenggarakan Sosialisasi dan Pembekalan Magang bagi Program Diploma III dan S1 FEB UNS, Kamis, 30/11/2017 di Aula FEB.

“Kegiatan ini untuk  memberi pembekalan kepada mahasiswa yang satu tahun ke depan sudah diharapkan lulus dan bulan Desember  akan magang di berbagai tempat baik instansi pemerintah, BUMN ataupun swasta. Perlu dikenalkan dulu bagaimana atmosfer dunia kerja. Selama ini, mahasiswa biasa berada di dunia kampus, mengejarkan tugas, berorganisasi, yang sangat berbeda dengan dunia kerja” papar Siti Khoriyah.

Praktisi pemasaran,  Flo K.Sapto dihadirkan untuk memberikan kesiapan bagi para mahasiswa dalam memasuki dunia kerja.

Di awal paparannya, Flo yang juga alumni Program Magister Managemen FEB UNS memberikan dua Pekerjaan Rumah (PR) bagi peserta yaitu untuk memproyeksikan diri 5 atau 3 tahun ke depan akan menjadi seperti apa dan lakukan survei kecil tentang persepsi orang terhadap anda.

“Kita harus punya proyeksi 3 sampai 5 tahun ke depan akan menjadi seperti apa dan  suka atau tidak suka, 100% benar atau salah apa yang dipersepsikan oleh orang-orang di sekitar anda, itulah gambaran karakter anda” papar Flo.

Lebih lanjut Flo mengatakan bahwa dunia kerja anda, peduli dengan karakter anda. Beberapa hal yang diperhatikan oleh para user di sebuah perusahaan ketika memilih freshgraduate masuk di dunia kerja diantaranya adalah kemampuan freshgraduate dalam berkomunikasi, keloyalan, daya tahan, kerjasama, kinerja dan kepekaan.

“Perbaiki citra medsos anda, karena kesimpulan karakter diri bisa dilihat dari status yang sering anda buat di medsos” jelasnya kemudian.

Diakhir acara, Siti Khoiriyah menjelaskan kepada seluruh peserta segala sesuatu yang menjadi pedoman magang diantaranya kriteria tempat kuliah magang, dosen pembimbing magang, kewajiban peserta dan pelaksana magang, prosedur magang hingga evaluasi dan aspek penilaian magang.

 

Komentar

Shares