Hari Lingkungan Hidup, Mapala se-UNS Gelar Bersih Danau

Total
0
Shares

Dalam rangka Hari Lingkungan Hidup 2016, Unit Kegiatan Mahasiswa Mahasiswa Pecinta Alam (UKM Mapala) se-UNS menggelar kegiatan bersih danau, Minggu (10/4/2016). Kegiatan tersebut difokuskan di bagian danau UNS sebelah barat Fakultas Pertanian. Kegiatan yang diprakarsai oleh UKM Mapala se-UNS ini bekerja sama dengan salah satu pusat studi LPPM UNS, yaitu Pusat Penelitian Lingkungan Hidup.

a
Briefing sebelum aksi bersih danau dilaksanakan.

Koordinator Kegiatan Hamzah Rosyid mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan ajang untuk silaturahmi antar UKM Mapala se-UNS. Selain itu, pihaknya mengatakan merasa prihatin dengan kondisi danau yang terlihat sangat kotor. “Semakin banyak sampah di danau. Kita istilahnya ingin menormalisasi,” tuturnya.  Kegiatan bersih danau tersebut menghabiskan lebih kurang 4 jam dan didapatkan sampah yang muat penuh di satu bak truk. Sampah-sampah tersebut berwujud kasur bekas, pakaian bekas, sampah plastik, dan lain sebagainya.

Selain mengucapkan rasa terima kasihnya kepada PPLH atas beberapa bantuan yang telah diberikan, Hamzah menambahkan bahwa ada satu hal yang kurang dalam pelaksanaan kegiatan ini. “Ya, kami berterima kasih kepada PPLH yang sudah mendukung, tapi akan lebih bagus kalau kami di-support dengan adanya alat keruk, sehingga hasilnya bisa maksimal,” ungkapnya.

Para mahasiswa gunakan alat konvensional untuk bersihkan danau.
Para mahasiswa gunakan alat konvensional untuk bersihkan danau.

Pasalnya, para mahasiswa yang juga dibantu beberapa siswa pecinta alam dari beberapa SMA di Solo membersihkan danau dengan alat konvensional. Walhasil, lumpur yang mengendap di danau masih tertinggal dan membuat kegiatan tersebut belum begitu terlihat maksimal hasilnya.

Hamzah mengatakan bahwa paling tidak danau yang terletak di sekitar FP tersebut minimal bisa terlihat sama terawatnya dengan danau yang terletak di timur Kantor Pusat Gedung dr. Prakosa.[] (red.uns.ac.id)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You May Also Like

[HENTIKAN A.S.A.P]

~AS SOON AS POSSIBLE~  Aku Rindu Indonesia Tanpa Asap  Ini ceritanya;)  By courtesy kepoitubaik.com  https://youtu.be/Fc4pqR2UcAI  #MelawanAsap Yuk bantu berikan dukungan moril, dan berharap dapat menggerakkan mereka yang mampu memberikan dukungan materiil…
View Post