Spread the love

Tanggal 9 September selalu membawa makna tersendiri bagi olahraga Indonesia. Sejak zaman Presiden Soeharto, 9 September dicanangkan sebagai Hari Olahraga Nasional.
Peringatan Hari Olahraga Nasional pertama kali berlangsung tanggal 9 September 1983. Dasar penetapan itu berkaitan erat dengan momen bersejarah dalam olahraga Indonesia, yakni diselenggarakannya Pekan Olahraga Nasional (PON) pertama tanggal 9-12 September 1948 di Stadion Sriwedari Solo, Jawa Tengah.
Presiden Soeharto melalui Kepres nomor 67 tahun 1985 tentang Haornas menetapkan bahwa tanggal 9 September diperingati secara nasional oleh masyarakat olahraga. Jika dihitung sejak tanggal ditetapkan berarti tahun ini, Hari Olahraga Nasional memasuki tahun ke-32.
Dibalik penetapan tanggal 9 September sebagai Haornas, ada beberapa catatan sejarah yang ditorehkan Presiden Soeharto yang berkaitan dengan olahraga. Sebelum Kepres No/67/Thn/1985 tentang Haornas, Presiden Soeharto terlebih dulu mencanangkan Gerakan Nasional tentang Panji Olahraga pada tahun 1983. Salah satu motto yang paling populer dan fenomenal dari Panji Olahraga yakni “mengolahragakan masyarakat dan memasyarakatkan olahraga”.
Dalam rangka memperingati hari olahraga nasional itulah FKOR bekerjasama dengan BNI Surakarta mengadakan gowes dan bhakti sosial di daerah Gayam Sukoharjo. Acara di laksanakan pada hari Rabu tanggal 9 September 2020 dengan dibuka secara seremonial oleh Rektor UNS Prof. Dr. Jamal Wiwoho, dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa meski masih pandemic semangat berolahraga tetap harus jalan, apalagi FKOR UNS sebagai fakultas olahraga di UNS yang mungkin satu satunya fakultas yang memperingati haornas secara meriah. Rektor juga menyampaikan jika tidak pandemic maka acara gowes dan bhakti sosial akan diikuti oleh UNNES dan UNY, tapi karena pandemic maka hanya FKOR saja yang menyelenggarakan.
Setelah melakukan sambutan Rektor memberangkatkan rombongan gowes yang berjumlah sekitar 70 orang terdiri dari civitas akademika FKOR UNS dan dari bank BNI Surakarta. Rombongan diberangkatkan tepat pukul 6:30 dari kampus FKOR UNS Banjarsari Surakarta menuju desa Gayam di Sukoharjo. Rombongan terbagi 3 kloter, kloter pertama terdiri dari Dekanat dan Kaprodi, Kloter kedua dan ketiga terdiri dari dosen FKOR. Sampai di Gayam sekitar jam 08:00 sudah disambut oleh tuan rumah dan perwakilan penerima bansos.
Pada Sambutannya pimpinan Bank BNI Surakarta Capem Uns Husni Himawan Junaidi yang baru beberapa bulan menjabat menyampaikan, menyambut gembira acara bansos tersebut yang fungsinya mempererat kerjasama antara Bni dan stakeholder.
Sementara itu Dekan FKOR UNS Dr. Sapta Kunta Purnama, M.Pd menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan dari Bni dan berbagai pihak yang telah membantu terselenggaranya acara tersebut, semoga ke depannya bisa ditingkatkan lagi.
Acara ditutup dengan ramah tamah antara tuan rumah Agus Margono yang juga dosen FKOR dengan seluruh rombongan gowes.
#fkoredikusnadi

Komentar