Grup Riset Ekonomi Mikro Terapan (Applied Microeconomics Research Group) Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Universitas Sebelas Maret (UNS) menggelar Workshop dengan tema “Health Economic and its Application to Health”, Selasa, 3 November 2020.

Workshop yang dibuka oleh Tri Mulyaningsih, Ph.D. ini merupakan kali ketiga dari serangkaian workshop yang diadakan oleh Grup Riset Ekonomi Mikro Terapan dalam rangka riset kolaborasi internasional antara UNS dengan University of Canberra, Australia.

Selama hampir 3 jam, narasumber workshop, Dr. Itismita Mohanty dari University of Canberra berbagi pengetahuan di bidang Ekonomi Kesehatan.

Dr. Itismita Mohanty dari University of Canberra

Diawal presentasi, Dr. Itismita menjelaskan mengenai tujuan dari pembelajaran yang akan diberikan yaitu untuk memberikan pemahaman mengenai konsep dan prinsip ekonomi dalam mengelola jasa kesehatan (health care). Mencakup bagaimana ilmu ekonomi dapat membantu memahami proses penyediaan jasa kesehatan, membantu pengelola jasa kesehatan dalam mengambil keputusan, alokasi sumberdaya, peran pemerintah di sektor kesehatan, dan pengeluaran serta penganggaran keuangan di bidang jasa keuangan.

“Ilmu ekonomi tidak hanya mengulas tentang keuangan dan praktik yang dilakukan oleh para ekonom. Ilmu eknomi juga berusaha menjelaskan mengenai bagaimana memahami pilihan yang ada, keuntungan, biaya atau pengorbanan, serta efisiensi,”

Ekonomi kesehatan (health economics) adalah aplikasi dari teori ekonomi, model, dan teknik empiris dalam analisa pengambilan keputusan individu, penyedia jasa kesehatan dan pemerintah, yang terkait dengan bidang kesehatan dan jasa kesehatan. Akan tetapi ekonomi kesehatan tidak hanya berfokus pada usaha untuk mengurangi biaya, akan tetapi juga berfokus pada efisiensi dan kesetaraan dalam alokasi modal dalam kaitannya dengan manajemen jasa kesehatan. (Aulia/Humas)

Komentar