Diusianya yang semakin matang 19 tahun (1999-2018)  Program Studi Usaha Perjalanan Wisata (D3 UPW) Fakultas Ilmu Budaya ikut berkiprah dan mewarnai kehidupan pariwisata di Soloraya, Jawa Tengah maupun nasional. Berbagai kegiatan telah dilaksanakan baik dalam rangka mendukung pengajaran, penelitian maupun pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan pun melibatkan semua pihak di UPW baik dosen maupun mahasiswanya. Seperti yang baru-baru ini dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi D3 UPW (FORMAGATA). Formagata menggelar kegiatan Future Tourism Product Expo (FTPE) di Lembah Teknik, Selasa (15/5).

Kegiatan yang berlangsung dari pagi sampai malam hari ini bertujuan untuk memperkenalkan produk-produk pariwisata yang sedang trend dan menyatukan sebagian aspek besar pariwisata yang ada di Solo Raya baik dari pihak dinas pariwisata, pengelola obyek wisata, pengelola desa wisata maupun pengusaha pendukung kepariwisatan di Solo Raya. Agenda expo yang merupakan bagian dari industri MICE yang semakin berkembang di Solo khususnya dan di Indonesia pada umumnya.

Future Tourism Product Expo (FTPE) ini menghadirkan 19 stand  yang terdiri dari desa wisata, Tour and Travel, Wedding Orgainizer/event orgainizer, outdoor gear dan beberapa kuliner di Solo Raya. Selain itu panitia juga mengajak para siswa/siswi SMA atau yang sederajat mengikuti lomba fruit carving and napkin folding serta beberapa hiburan menarik seperti : musik lesung desa pondok bakalan Sukoharjo , angklung gajah Krumpung, musik akustik, lukis pasir, dll.

Dalam sambutan pembukaannya, Dekan Fakultas Ilmu Budaya mengatakan, ”FTPE ini menjadi pembelajaran bagi mahasiswa, masyarakat dan industri pariwisata. Hal ini menjadi embrio kegiatan-kegiatan yang akan datang dan menjalin kerjasama dengan yang berkepentingan dengan pariwisata sehingga berdampak bagi perkembangan masyarakat dan keperiwisataan.”

Senada dengan hal tersebut Nunuk Marihastuti, perwakilan dari Dinas Pariwisata Pemerintah Kota Surakarta mengatakan, “Saya menghimbau kepada para mahasiswa bahwa masih banyak sekali yang harus di explore tentang pariwisata di Solo diantaranya budaya, kuliner untuk menghasilkan suatu karya inovatif dan kreasi yang mengangkat potensi lainnya seperti pariwisata, perhotelan, perdagangan cinderamata, home industry dan industri kreatif lainnya sehingga roda perekonomian lokal bergerak cepat.”

Kegitan yang digawangi oleh Mahasiswa UPW semester IV saudara Surya Abdul Madjid dan kawan-kawan ini berlangsung meriah dan menarik, sebab selain tamu undangan juga terbuka umum bagi masyarakat. Masyarakat diajak untuk mengenal berbagai produk-produk pariwisata yang berbasis masyarakat yang dapat meningkatkan rasa cinta dan bangga pada potensi pariwisata Indonesia. Pada akhir kegiatan ada pengumuman pemenang lomba  fruit carving and napkin, yakni :

Kategori Fruit Carving

  1. Ravi Guntur Hanafi (SMK N 4 Ska)
  2. Bagus Setyani (SMK Sahid Ska)
  3. Kayis Thoharudin (SMK N 4 Ska)

Kategori Napkin Folding

  1. Vibriyanti Maysaroh (SMK N 1 Gondang)
  2. Cornelia Angel Sabrina (SMK 4 Ska)
  3. Jasmine Firdaus (SMK Sahid Ska)

Selamat dan sukses bagi para pemenang. Atas nama Kaprodi Umi Yulianti dan Pembimbing MICE Marimin, “Semoga kegiatan ini terus berkembang dan mampu berkontribusi positif bagi majunya kepariwisataan di Soloraya dan Indonesia pada umumnya.

Sumber:http://fib.uns.ac.id/berita/formagata-fib-gandeng-siswa-smasmk-dan-pengelola-desa-wisata-di-soloraya-ikuti-future-tourism-product-expo-di-lembah-teknik/

Komentar

Shares