FMIPA UNS – Fakultas Matmatika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Sebelas Maret (UNS) mengembangka aplikasi Virtual Reality (VR) untuk empat kluster museum sangiran. Keempat kluster tersebut adalah Kluster Bukuran, Kluster Dayu, Kluster Ngebung dan Kluster Manyarejo. Aplikasi ini dikembangkan oleh Program Studi (Prodi) D3 Teknik Informatika FMIPA UNS.

Diharapkan dari aplikasi yang dibuat ini, masyarakat dapat menikmati museum melalui teknologi informasi. Salah satunya adalah dengan memasang atau display aplikasi di Museum Sangiran atau dapat digunakan saat road show museum seperti Musseum goes To Campus (MGTC).

Aplikasi VR yang sudah selesai dibuat, diserah terimakan dari Prodi D3 TI UNS yang diwakili oleh Hartatik, M.Si kepada pihak museum yang diterima oleh Dody Wiranto, S.S., M.Hum selaku Kepala Seksi Pelindungan Balai Pelestarian Situs Manusia Purba (BPSMP) Sangiran. Serah terima dilaksanakan di Ruang Rapat BPSMP Sangiran pada hari Senin (2/12/2019).

“semoga bisa dikembangkan kerjasama lebih lanjut baik dalam kolaborasi riset maupun pengembangan e-musem,” ujar Hartatik.

Demo penggunaan aplikasi Virtual Reality oleh pegawai museum sangiran di Ruang Rapat Museum pada hari Senin (2/12/2019)

Hartatik juga berharap terbuka kesempatan magang bagi mahasiswa D3 TI FMIPA di museum Sangiran sehingga bisa membantu perkembangan teknologi serta pemgembangan system manajemen pengelolaan museum.

Kedatangan rombongan dari FMIPA UNS disambut oleh Kepala Seksi Pelindungan BPSMP Sangiran, Dody Wiranto, S.S., M.Hum dan Kepala Seksi Pemanfaatan BPSMP Sangiran, Iwan Setiawan Bimas, S.S. Sebelum serah terima aplikasi, diawali dengan demo penggunaan aplikasi dan ujicoba aplikasi oleh pegawai museum. Kegiatan diakhiri dengan penandatangan berita acara serah terima kedua belah pihak. Berita selengkapnya bisa dilihat disini [MnR/MIPA]

Komentar

Shares