FIB UNS Adakan Pelatihan Penyusunan Proposal Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat

Total
0
Shares

Sinar surya mengiringi semangat Fakultas Ilmu Budaya (FIB) UNS yang menggelar kegiatan Pelatihan Penyusunan Proposal Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat bagi para dosen pada Selasa (19/10/2021). Bertempat di Indraprastha Hall UNS INN, kegiatan ini menghadirkan Prof. Dr. Okid Parama Astirin, M.S, Dr. Drajat Tri Kartono, M.Si, dan Prof. Dr. Djatmika, M.A. sebagai narasumber.

Laporan kegiatan disampaikan oleh Prof. Tri Wiratno, M.A., Wakil Dekan Akademik, Riset, dan Kemahasiswaan FIB. Menurut beliau kegiatan ini sebagai penyegaran. “Saya yakin dari kegiatan ini dengan menghadirkan narasumber yang luar biasa, akan ada hal baru yang bisa diambil dalam aspek proposal” ungkap Prof. Tri.

Kegiatan ini dibuka oleh Dekan FIB, Prof. Dr. Warto, M.Hum.,  senada dengan Prof. Tri, Prof Warto sangat mengapresiasi pelatihan ini karena memberikan dampak yang sangat positif. “Kegiatan semacam ini memang bukan sesuatu yang baru, karena penelitian dan pengabdian sudah dilakoni para bapak serta ibu dosen. Namun, melalui kegiatan ini saya percaya akan ada terobosan dan pemetaan atau bentuk proposal yang lebih menarik” tambah Prof. Warto.

Dra. Rara Sugiarti, M.Tourism sebagai moderator menghantarkan Prof. Okid  membuka pemaparannya terkait Program Pengabdian kepada Masyarakat dalam era Kampus Merdeka. Sangat komunikatif, sembari berdiri Ketua LPPM UNS itu menjelaskan peraturan pengabdian pada masyarakat dan pentingnya pengabdian kepada masyarakat.

“Kenapa pengabdian itu penting karena dapat membantu memecahkan permasalahan yang ada di masyarakat, meningkatkan kinerja dan rangking institusi, meningkatkan jejaring kerjasama, inspirasi pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, serta menerapkan hasil IPTEKS” ungkap Prof. Okid.

Dr. Drajat sebagai narasumber kedua menerangkan terkait Penyusunan Proposal Kemdikbudristek. Dosen Prodi S-1 Sosiologi FISIP UNS ini membeberkan syarat administrasi penulisan proposal, serta mengatakan bahwa tema terkait pandemi Covid-19 dan new normal masih menjadi ide segar yang patut dirangkum dalam penelitian.

Sebagai narasumber pamungkas Prof. Djatmika membahas tentang Implementasi Teknis Penyusunan Proposal Penelitian Kompetitif. Kegiatan secara luring ini dilaksanakan dengan disiplin protokol kesehatan seperti, jaga jarak dan memakai masker. Adapun pesertanya sebanyak 50 orang yang terdiri dari dosen FIB UNS. (Rensi)

You May Also Like