FH UNS Gelar Workshop Pengeloaan Jurnal Terakreditasi

Total
0
Shares

Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret (FH UNS) Surakarta menggelar Workshop Pengelolaan Jurnal Terakreditasi yang telah terlaksana pada Rabu, 19 Oktober 2016. Kegiatan tersebut dimulai pukul 12.00 WIB sampai dengan pukul 15.30 WIB di The Sunan Hotel Solo. Dalam kegiatan tersebut, FH UNS mengundang Lukman selaku narasumber dari Arjuna DIKTI dan Bagus Setiawan selaku Pengelola Data Center Unit Pelaksana Teknis Teknologi, Informasi, dan Komunikasi (UPT TIK) UNS.

FH UNS Gelar Workshop Pengeloaan Jurnal Terakreditasi

“Workshop Pengelolaan Jurnal agar supaya terakreditasi dengan sistem akreditasi jurnal elektronik. Jadi jurnal harus segara melakukan perubahan dikarenakan FH UNS memiliki jurnal nasional terakreditasi yang bernama Jurnal Yustisia yang merupakan salah satu dari 11 jurnal hukum yang terakreditasi nasional di Indonesia. Selain Jurnal Yustisia juga terdapat 7 jurnal bagian, yaitu jurnal bagian Hukum Internasional, Hukum Pidana, Hukum Perdata, Hukum Tata Negara, Hukum Administrasi Negara, Hukum dan Masyarakat, dan Hukum Acara, serta jurnal dari S-2 Magister Ilmu Hukum (MIH), S-2 Magister Kenotariataan ,dan jurnal dari S-3,” ujar Supanto selaku Dekan FH UNS”

Kegiatan tersebut bertujuan untuk mereview dan menilai akreditasi Jurnal Yustisia yang akreditasinya akan selesai pada tahun depan, dan diharapkan dapat mengakreditasi 7 jurnal bagian lain. Akreditasi jurnal ini dianggap penting dikarenakan pada masa yang akan datang setiap dosen diwajibkan untuk memiliki karya ilmiah dan jurnal terakreditasi baik tingkat nasional maupun tingkat internasional. Selanjutnya, setiap mahasiswa pada akhirnya akan diwajibkan untuk menulis jurnal nasional atau internasional yang akan diakomodir oleh Jurnal Yustisia selaku Pengelola Jurnal FH UNS. Selain itu untuk mendukung visi-misi UNS yaitu mencapai World Class University yang menyebutkan bahwa salah satu tolok ukur dari visi-misi tersebut ialah berapa banyak tulisan yang sudah berhasil dipublikasikan dan mendapatkan akreditasi baik tingkat nasional maupun tingkat internasional.

Setelah terlaksananya kegiatan tersebut diharapkan dapat meningkatkan Jurnal Yustisia yang sudah terakeditasi nasional menjadi terakreditasi internasional dan dapat menumbuhkan iklim penulisan ilmiah di lingkungan FH UNS, baik dari dosen maupun mahasiswanya. [*]

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You May Also Like