English Access Microscholarship Program Indonesia : Weekend Workshop “Tourist Guiding”

Total
0
Shares

Minggu, (11/12) English Access Microscholarship Program Indonesia menggelar kegiatan Weekend Workshop yang ditujukan untuk siswa Access site Solo di Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Sebelas Maret (UNS).

Kegiatan yang mengusung topik Tour Guiding merupakan salah satu agenda yang wajib diikuti oleh seluruh siswa Access site Solo baik dari kelas High School maupun University. Bentuk kegiatan Weekend Workshop tersebut adalah berupa pelatihan dan praktik menjadi seorang tour guide professional. Sebanyak 60 siswa hadir dalam kegiatan yang juga mengundang fasilitator dari Lembaga Bahasa Internasional Universitas Indonesia (LBI UI), Meutia Ranthy. Dalam workshop tersebut, siswa Access mendapatkan penjelasan seputar tour guiding yaitu Designing and Delivering Speech dan Answering Questions from Tourists. Puncak dari kegiatan Weekend Workshop tersebut adalah siswa Access diminta untuk menjadi tour guide di beberapa tempat wisata di area Solo seperti Pasar Gedhe, Taman Balekambang, Waduk Cengklik, dan kawasan Notosuman. Dengan praktik secara langsung menjadi seorang tour guide di beberapa tempat wisata, siswa Access dapat mempraktekan ketrampilan yang telah mereka pelajari selama mengikuti workshop di FIB UNS. Sebelumnya pada Sabtu (10/12) para peserta siswa Access mengikuti kelas practice tour guiding di R. Seminar FIB dengan pengajar dari  Meutia Ranthy Lembaga Bahasa Internasional Universitas Indonesia (LBI UI). Mereka berlatih untuk menjadi tour guide dengan materi yang telah dipersiapkan dan dibuat group, selanjutnya dari setiap group untuk persentasi dan nantinya pada hari minggu setiap siswa akan berpersentasi sebagai tour guide

“Menurut saya, kegiatan yang diadakan oleh Access ini sangat positif, apalagi kami (pengajar) semua terjun langsung membimbing siswa kami untuk belajar bagaimana menjadi seorang tour guide. Harapan kami, melalui kegiatan ini siswa Access akan mampu memanfaatkan skill tour guiding mereka ketika suatu saat mereka bertemu turis mancanegara dan mampu menjelaskan seputar tempat-tempat wisata di area Solo” terang Fenty Kusumastuti, koordinator Access Microscholarship site Solo.

Kegiatan Weekend Workshop yang berlangsung selama tiga hari ini mendapat dukungan penuh dari Dekan FIB, RELO, dan LBI UI.

sumber : http://fib.uns.ac.id/berita

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You May Also Like

Bincang-Bincang Ladies

Just For Muslimah 🙂 Bincang-Bincang Ladies “Karena Wanita Ingin Dimengerti” bersama Muthia Sayekti (Mahasiswa Berprestasi FSSR 2014) Jum’at, 14 November 2014 Pukul 15.00-selesai di Aula Porsima Lt. 2 ( Depan…
View Post