Berita Fakultas Ilmu Budaya

Supariadi : Melalui Diksar, Peserta Diajari Pentingnya Disiplin dan Kesetiakawanan

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Sentraya Buana Fakultas Ilmu Budaya UNS kembali menggelar Pendidikan Dasar (diksar) XXXI Senin-Minggu, (29 Jan – 4 Feb) di Pegunungan Lawu Selatan, Gondosuli, Tawangmangu. Kegiatan selama satu minggu ini diikuti oleh 31 mahasiswa yang terdiri dari pengurus lama dan pengurus baru, tema yang diambil  adalah “Solidaritas dan Loyalitas”. Tujuan dari Diksar ini adalah untuk meningkatkan kualitas, loyalitas serta mengembangkan kreatifitas anggota khususnya dalam bidang kepecintaalaman dan meningkatkan rasa disiplin, tanggung jawab serta pengetahuan anggota sehingga terwujudnya profesionalisme anggota Sentraya Bhuana dan terciptanya rasa kebersamaan, kesetiakawanan dan keteguhan hati anggota Sentraya Bhuana.

Dalam upacara pelepasan di halaman FIB Supariadi, selaku Pembina Sentraya Buana, “Dengan pendidikan dasar ini mahasiswa akan ditanamkan kesadaran, ketrampilan dan taat aturan. Kesadaran yang dimulai dari diri sendiri, kesadaran terhadap lingkungan sosial dan budaya. Ketrampilan dalam menjaga lingkungan, baik alam ataupun sosial.

“Taat aturan itu tidak saja aturan berkaitan dengan apa yang sudah disepakati organisasi itu tapi juga aturan-aturan yang lebih luas, aturan yang didasarkan kepada  lembaga negara juga agama. Mana yang boleh mana yang tidak.” Lanjut beliau dihadapan peserta diksar

Sementara Priyanto selaku Kasubbag. Kemahasiswaan dan Alumni mewakili Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni mengatakan, “Prinsipnya bahwa diklat itu bukan perploncoan, senior harus benar-benar berfungsi sebagai pembimbing terhadap yuniornya. Disiplin terhadap prosedur yang harus dijalani dalam latihan tidak harus dilakukan dengan memberikan tekanan pada yunior. Jadi pelatihan tersebut djalani bersama-sama tanpa harus ada pihak yang ditekan dan pihak lain yang menekan. Terjalin kerjasama yang baik.” Utamakan keselamatan, kekompakan dan jalinan hubungan yang harmonis.”

Setelah upacara pelepasan selesai, rombongan berangkat dari kampus FIB ke lokasi menggunakan bus. Diharapkan melalui kegiatan ini mampu meningkatkan kualitas softskill peserta, sebagai bekal mahasiswa terjun di dunia kerja dan masyarakat.

Sumber : http://fib.uns.ac.id

Komentar

Shares