Dekan FIB UNS Ajak Peserta Apel Pagi Bersama Pegawai di Lingkungan UNS Untuk Loyal Pada Ideologi dan Empat Konsensus Bangsa

Total
0
Shares

Menindak lanjuti Surat Edaran Plt. Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 13 Tahun 2021 tentang Pelaksanaan Apel Pagi Bagi Pegawai di Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Universitas Sebelas Maret (UNS) secara teratur setiap Senin mengadakan apel pagi bagi para pegawai. Kali ini pada senin (09/08/2021) Fakultas Ilmu Budaya (FIB) menjadi koordinator sekaligus petugas jalanya apel pagi secara virtual.

Sebagai pembina upacara, Dekan FIB UNS, Prof. Dr. Warto, M.Hum, mengajak kita untuk menemukan cara baru yang lebih adaptif dalam era kebiasaan baru seperti ini. “Pandemi Covid-19 membuat semua kebiasaan berubah, terlebih lagi bagi layanan universitas yang dulu dilakukan secara langsung atau luring, kini semua beralih menjadi layanan virtual atau daring. Kondisi seperti ini memaksa kita untuk berfikir ulang tentang kebiasaan lama yang sudah tidak relevan lagi, kemudian mencoba untuk menciptakan berbagai cara baru yang lebih adaptif” ungkapnya.

Yusana Sasanti Dadtun, S.S., M.Hum. Dosen Prodi Ilmu Sejarah FIB (Pelantun lagu Mengheningkan Cipta)

Dalam pengarahannya Prof. Warto juga mengajak seluruh aparatur negara untuk loyal terhadap ideologi negara dan empat konsensus kebangsaan (Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan NKRI). “Ideologi negara dan empat konsensus kebangsaan adalah kristalilasi nilai-nilai luhur yang bersumber dari masa lalu bangsa. Nilai-nilai kebhinekaan, gotong royong, dan keadilan sosial merupakan warisan dari leluhur bangsa yang dianggap masih relevan, guna menjadi jalan keluar memecahkan masalah kebangsaan saat ini (pandemi Covid-19). Kita juga harus bisa menjadi contoh disiplin protokol kesehatan dan mengedepankan solidaritas”  tambah Prof. Warto.

Adapun petugas apel pagi yang diikuti oleh semua pegawai di lingkungan UNS adalah. Dr. Henry Yustanto, M.A. Wakil Dekan SDM, Keuangan, dan Logistik FIB UNS (Pemimpin apel), Prof. Dr. Warto, M.Hum. Dekan FIB UNS, (Pembina apel), Prof. Drs. Riyadi Santosa, Ketua Senat Akademik FIB (Pembaca Naskah Pancasila), Prof. Dr. Sumarlam, M.S. Sekretaris Senat Akademik FIB (Pembaca Naskah UUD 1945), Prof. Dr. Wakit, M.Hum. Wakil Dekan Perencanaan, Kerja sama Bisnis dan Informasi FIB (Pembaca Panca Prasetya Korps Pegawai Republik Indoensia), M. Farkhan Mujahidin, S.Ag, M.Ag, Dosen Prodi Sastra Arab FIB UNS (Pembaca Doa), Yusana Sasanti Dadtun, S.S., M.Hum. Dosen Prodi Ilmu Sejarah FIB (Pelantun lagu Mengheningkan Cipta), dan Nurcahyani Yuliastutiningrum, S.H, Tenaga Kependidikan FIB (Pembawa acara apel). (Rensi)

Sumber: https://fib.uns.ac.id/

You May Also Like

Majelis Jejak Nabi UNS

SOLO – Majelis Jejak Nabi (MJN) digelar di Masjid Nurul Huda UNS pagi ini (4/12). Menghadirkan Ustadz Dwi Budiyanto dan Ustadz Salim A. Fillah sebagai pemateri, berhasil menarik sekitar 700…
View Post