Dekan FEB UNS Bentuk Satgas Atasi Dampak dan Ekonomi Wabah Covid-19

Total
0
Shares

Wabah Covid-19 yang telah melanda Negara Indonesia sejak awal Maret lalu telah memberikan dampak bagi masyarakat luas. Demikian juga bagi warga kampus di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sebelas Maret (FEB UNS).

Sebagai bentuk kepedulian terhadap keluarga besar FEB UNS atas dampak sosial dan ekonomi wabah Covid -19 serta mempertimbangkan bahwa wabah ini akan berlangsung hingga waktu yang belum bisa dipastikan, Dekan FEB UNS, Prof. Drs. Djoko Suhardjanto, M.Com., (Hons), Ph.D.,Ak menginisiasi pembentukan Satuan Petugas (Satgas) Ketahanan Pangan.

Satgas yang dibentuk bertugas untuk mengkoordinir donasi dari pihak internal maupun eksternal melalui satu pintu. Satgas sekaligus mengkoordinir distribusi bantuan kepada warga FEB UNS yang terdampak Covid-19.

Heru Agustanto, S.E., M.S.M., Ketua Satgas mengatakan bahwa fokus utama dari terbentuknya satgas ini adalah untuk menjaga ketersediaan pangan bagi keluarga besar FEB UNS.

“Kita akan melihat perkembangan yang ada, tergantung kondisinya, sementara ini bantuan diberikan secara bertahap dalam bentuk bahan makanan. Namun bisa fleksibel, menyesuaikan kebutuhan utama yang harus ditangani bersama” tegasnya

Selanjutnya dikatakan, satgas berencana akan membuat laporan dua minggu sekali dan akan disampaikan ke para donatur.

Sementara itu , salah satu anggota satgas, Dr. Dwi Prasetyani, S.E. M.Si, mengatakan bahwa sumber donasi berasal dari alumni, mitra kerja sama, dosen, tenaga kependidikan (tendik) FEB dan juga masyarakat luas. Bantuan diterima dalam bentuk apapun.

Sedangkan penerima bantuan adalah keluarga besar FEB yang membutuhkan, diantaranya keluarga tenaga kebersihan, petugas keamanan, penjaga sepeda, tendik , serta mahasiswa yang membutuhkan.

“Program ini dijalankan melalui pengamatan, pengertian dan pemahaman yang lebih fokus, mudah- mudahan lebih tepat sasaran” papar Dr. Dwi yang saat ini juga menjabat sebagai Ketua Unit Kerja Sama FEB UNS.

Pemberian tahap pertama dari Satgas berupa paket bahan makanan telah disampaikan kepada 21 orang Tendik Non PNS FEB pada hari Kamis, 16 April 2020 di Ruang Alumni Lounge.

Sebelum terbentuknya satgas, sudah banyak pihak yang berempati atas dampak Covid-19 bagi keluarga besar FEB UNS.

Para Ibu Dosen yang tergabung dalam Sosialita FEB telah memberikan bantuan 40 paket bahan makanan, dan juga Alumni angkatan 1997 memberikan 40 paket bahan makanan kepada tenaga kebersihan, tenaga keamanan, dan penjaga sepeda. Selain itu, Alumni FEB angkatan 1988 memberikan Thermo Gun, dan juga beberapa dosen memberikan bantuan masker.

Tendi Non PNS yang Dibero Bantuan

Rasa empati dan kepedulian keluarga besar FEB UNS semoga memberikan semangat untuk selalu bergotong royong, guyub rukun, satukan daya energi, “urip sing urup memayu hayuning bawana”. (Humas FEB)

Editor: Drs. Bambang Irawan, M.Si.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You May Also Like