Buka Bersama Adik-adik Panti Asuhan dan Warga Sekitar di Rumah Sakit UNS

Total
0
Shares

Buka Bersama RSP UNS untuk Pererat Tali Persaudaraan

Pada Ramadan kali ini, Rumah Sakit Pendidikan UNS mengadakan acara buka bersama dengan adik-adik panti asuhan dan warga lingkungan sekitar untuk mempererat tali persaudaraan dan meringankan beban sesama manusia. Buka bersama yang diadakan sebanyak tiga kali pada tiga pekan berbeda ini, selain untuk melaksanakan anjuran agama, juga untuk mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam tindakan nyata, khususnya pengabdian masyarakat.

buber 23 juni (2)

Rangkaian buka bersama di RSP UNS yang mengambil tema “Ramadan Sehat, Ramadan Ceria bersama Rumah Sakit UNS” ini dilaksanakan pada tanggal 9, 14, dan 23 Juni, bertempat di lobi Gedung Utama RSP UNS. Tema ini dipilih atas dasar pertimbangan bahwa cita-cita RSP UNS adalah untuk menjadi rumah sakit yang profesional dalam memberikan layanan kesehatan dengan mengedepankan keakraban dan keramahtamahan.

Pada acara ini RS UNS berperan sebagai panitia pelaksana sekaligus pengumpul dan penyalur donasi. Donasi yang terkumpul dari berbagai pihak, disalurkan ke panti asuhan dalam bentuk uang tunai, doorprize, dan suvenir. Sumbangan tali asih yang berwujud uang tunai diserahkan kepada pengelola panti asuhan, sedangkan doorprize dan suvenir diberikan kepada adik-adik panti asuhan yang hadir di acara buka bersama.

Acara juga diisi dengan permainan yang mengajari adik-adik panti asuhan cara mencuci tangan dengan benar. Permainan mencuci tangan ini bertujuan untuk menyosialisasikan metode mencuci tangan berstandar internasional dan mendidik masyarakat untuk cinta kebersihan sejak dini.

Pada tanggal 9 Juni, RSP UNS mengundang adik-adik dari Panti Asuhan Dharma Aji Insan, Gawanan, Colomadu. Tiga puluh tujuh anak usia kelas 4 SD hingga 3 SMP menghadiri acara ini. Sebelum acara dimulai, adik-adik dari panti asuhan beserta kawan-kawan panitia berfoto terlebih dahulu di photoboot. Acara dimulai dengan pembukaan, pembacaan ayat suci alquran, dan sambutan-sambutan. Acara kemudian dilanjutkan dengan penyerahan tali asih oleh Direksi kepada Pengurus Panti Asuhan. Tampak keceriaan adik-adik panti asuhan ketika Kak Eti (Perawat) dan Kak Vini (Bidan) membawakan acara permainan dan kuis. Mereka sangat antusias dalam menjawab pertanyaan yang diajukan kedua pemandu games. Belasan doorprize yang disediakan panitia pun habis dibagikan. Acara kemudian dilanjutkan dengan ceramah dari Bapak Wediyanto hingga waktu berbuka.

buka

Pada tanggal 14 Juni, RS UNS selain mengundang adik-adik dari Pondok Yatim Darul Ikhsan (Gonilan, Kartasura), RSP UNS juga mengundang Warga RT 1 dan RT 2 dari RW 1 Sidomulyo, Makamhaji, Surakarta. Turut hadir pula Bapak H. M. Zaenuri, S.Pd.  selaku Lurah Makamhaji. Pada acara ini, hadir 47 anak panti asuhan beserta 26 orang warga Sidomulyo. Setelah rangkaian sambutan, Direksi RSP UNS menyampaikan donasi tali asih kepada Pengurus Panti Asuhan. Kemudian acara dilanjutkan dengan kuis dan games yang dibawakan oleh Kak Rima (Perawat) dan Kak Evi (Rekam Medik). Acara dilanjutkan dengan ceramah dari Bapak Wediyanto hingga waktu berbuka tiba.

Pada tanggal 23 Juni, RSP UNS mengundang adik-adik dari Panti Asuhan Mardhatilah (Ngadirejo, Kartasura), dan warga RT 1 RW 2 Widororejo, Makamhaji, Surakarta. Pada acara ini, hadir 30 anak dari panti asuhan. Datang pula beberapa warga Widororejo. Setelah acara dibuka, dilanjutkan dengan pembacaan tilawah dan sari tilawah oleh adik-adik panti asuhan. Setelah sambutan dari Perwakilan Direksi RSP, Pengurus Panti Asuhan, dan Ketua RT yang diundang, acara dilanjutkan dengan penyerahan tali asih dari RSP UNS kepada Pengurus Panti Asuhan. Kemudian acara dilanjutkan dengan games dan kuis yang dipandu oleh Kak Henry (Perawat) dan Kak Asri (Admin). Acara kali ini istimewa karena antusiasme dari adik-adik panti asuhan yang begitu besar dalam menjawab pertanyaan kuis. Setelah games selesai, acara dilanjutkan dengan tausiyah oleh Ustad Rudi Alfarizi hingga berbuka. Setelah Sholat Maghrib berjamaah, acara dilanjutkan dengan kuis yang dipandu oleh Pak Dian (MC). Kemudian acara ditutup dengan foto bersama adik-adik dari panti asuhan dengan karyawan RS UNS.

Rangkaian kegiatan ini diharapkan menjadi amal kebaikan bagi RSP UNS supaya dapat mulai beroperasi dengan berbekal rida Allah Yang Maha Kuasa.[*]

Penulis   : Tim Humas RSP UNS
Editor     : Tim Redaksi uns.ac.id

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You May Also Like

“FESTIVAL STAR-FM”

Hari Minggu pengen refreshing tapi bingung mau kemana?? HIMATIKA FMIPA UNS Proudly Present “FESTIVAL STAR-FM” STAR FEST (Science, Technology, and Art Festival)  ~The Art of Science~  ■■■■■■■■■■■■■■■■■■■■■■■■■■■■■■ FMIPA UNS ||…
View Post