Wakil Dekan Bidang Akademik, Riset, Kemasiswaan dan Alumni Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Sebelas Maret (UNS), Prof. Dr. Izza Mafruhah, SE, M.Si. mengundang perwakilan Organisasi Kemahasiswaan (ORMAWA) dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) untuk membahas Peningkatan Prestasi dan Kegiatan Mahasiswa, Rabu, 20 Januari 2021 di Ruang Sidang I FEB UNS.

Kegiatan yang baru kali pertama digelar setelah UNS berstatus PTNBH itu dihadiri pula oleh Ketua Perencanaan dan Pengembangan, Koordinator Tata Usaha, Sub Koordinator dan Tenaga Kependidikan yang menangani kemahasiswaan.

Usai perkenalan dengan pengurus ORMAWA dan UKM, Prof. Izza menjelaskan, pada periode sebelumnya Bidang I hanya menangani bidang Akademik saja, namun saat ini bidang I selain menangani bidang akademik, juga riset, kemahasiswaan serta alumni dan untuk memudahkan disebutnya dengan AKRIMA.

“AKRIMA menjadi tugas Bidang I dan ini jangan menjadikan sesuatu beban yang berat. Namun jadikan sebagai  tantangan. Kita harus lebih power full, bergerak bersama untuk mencapai apa yang telah ditargetkan” tegasnya.

Lebih lanjut disampaikan, saat ini terjadi perubahan Indikator Kinerja Utama (IKU) yang cukup mendasar. Mahasiswa menjadi bagian utama di pencapaian IKU 1 dan 2, yakni Persentase lulusan S1 dan Program Diploma yang berhasil dapat pekerjaan, melanjutkan studi, atau menjadi wiraswasta dengan penghasilan yang cukup di luar kampus serta persentase  lulusan S1 dan D4/D3/D2 yang menghabiskan paling tidak 20 sks di luar kampus atau meraih prestasi minimal tingkat nasional.

Dengan Kampus Merdeka Merdeka Belajar (KMMB), mahasiswa selain beraktifitas dikampus juga berhak beraktifitas di luar kampus dan akan dihitung dalam sks matakuliah.

KMMB terdiri dari 8 aktifitas yakni pertukaran mahasiswa, diantaranya pertukaran antar prodi di dalam perguruan tinggi ataupun dalam satu prodi antar perguruan tinggi, magang, KKN Tematik, riset, proyek independen, kegiatan kewirausahan, proyek kemanusiaan, serta asistensi.

Dikatakannya juga, bidang akademik telah menyusun rencana untuk meningkatkan prestasi mahasiswa agar dapat bersaing di dunia kerja. Achievement Motivation Training (AMT) dan Pre Job Training (PJT) yang sebelumnya pernah dilakukan akan tetap dilaksanakan dengan pola baru, tidak sekedar paparan materi namun dikembangkan dengan praktek-praktek. Dalam hal ini akan melibatkan alumni yang telah sukses. Selain itu juga akan diadakan Business Motivation Training (BMT) yang dilombakan.

“Kita akan berusaha memacu lebih softskill mahasiswa dengan berbagai program di bidang akademik, kemahasiswaan dan riset dan kita akan support dalam hal pendanaannya. Silahkan kembangkan potensi teman-teman, ikuti lomba-lomba yang banyak ditawarkan DIKTI,  buat prestasi di tingkat nasional bahkan internasional, bergabung dengan riset-riset dan pengabdian yang dilakukan dosen. Komunikasikan dengan kami jika mengalami kendala, kami akan bimbing.”  tegas Prof. Izza memotivasi.

Prof. Izza juga berharap semua mahasiswa FEB terlibat dalam ORMAWA ataupun UKM, tidak hanya menjadi mahasiswa yang “kutu buku”.

Sementara itu, Ketua Perencanaan dan Pengembangan FEB UNS, Drs. Supriyono,M.Si. mengingatkan kepada para Pengurus  ORMAWA dan UKM yang hadir sebagai wakil dari seluruh mahasiswa FEB UNS agar bisa merekonstruksi kegiatan-kegiatannya. ‘

“ORMAWA dan UKM perlu merekonstruksikan kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan, terutama yang bisa mewadahi peningkatan softskill. Kegiatan yang akan diajukan ke fakultas harus dikreasikan dengan berbagai pengembangan dan inovasi yang lebih, harus ada perubahan dari sebelumnya, jangan sama seperti ajuan kemarin. Kami siap mendukung pendanaannya” tegasnya. (Humas FEB)

Berita ini telah tayang di feb.uns.ac.id

Komentar