Berbekal Hardskill, Softskill dan Additional skill, Alumni Siap Memasuki Dunia Kerja

Total
0
Shares

Setiap alumni harus mempersiapkan diri untuk memasuki dunia kerja dengan dibekali beberapa hal yaitu hardskill, softskill dan additional skill. Yang paling dicari dalam dunia kerja adalah terutama terkait pengalaman-pengalaman alumni dalam berorganisasi selama di kampus. Karena dengan pengalaman-pengalaman yang ada dapat membentuk karakter yang dibutuhkan dalam dunia kerja.

Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) bukan merupakan hal utama, tapi tetap menjadi prasyarat awal dalam memasuki dunia kerja, ada batas minimal IPK untuk proses seleksi. Kemampuan lain yang dilihat adalah lebih ke softskill, leadership, communication skill, dan lain-lain.

Hal itu disampaikan Beltian Hanny, S.E, Assistant Manager PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk. saat memberikan materi Webinar yang diselenggarakan Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sebelas Maret (FEB UNS), Sabtu 27 Juni 2020.

“Yang dicari dunia kerja dari jobseeker paling utama adalah pengalaman, misalnya pengalaman memimpin acara, pengalaman organisasi, dan pengalaman magang/seminar/lomba/beasiswa. 80% interview biasanya akan menanyakan terkait pengalaman-pengalaman tersebut. Selain pengalaman, banyak skill tambahan yang dapat menunjang kandidat agar diterima perusahaan, misalnya kemampuan Bahasa Inggris, presentation skill, brevet A/B/C, dan keahlian khusus lainnya” jelasnya

Sementara itu, pembicara lain, Bayu Bintoro Setyawan, S.E. , Departemen Luar Negeri Keuangan dan Akuntansi Divisi Operasi 1 – Timur Tengah & Afrika PT Wijaya Karya (Persero) Tbk menyampaikan dihadapan peserta yang sebagian besar pelajar dan mahasiswa bahwa dalam proses rekrutmen harus mengutamakan kejujuran, keinginan untuk belajar, kegigihan, kemampuan menyesuaikan diri dengan kondisi yang ada dan minimal memiliki kompetensi di bidang akuntansi.

Dan yang perlu dipersiapkan adalah communication skill (kemampuan dalam menyampaikan dan menguasai bahasa asing sebanyak-banyaknya), mentality (persiapan mental untuk bekerja dan tinggal di luar negeri), dan adaptive (kemudahan dalam menyesuaikan perubahan dan lingkungan yang baru).

Pembicara lainnya, Devi K. Putri, S.E., Assistant Analyst Accounting PT. PLN (Persero) Tbk. menjelaskan detil tentang rangkaian seleksi di PLN serta tips dan triknya untuk bisa lolos bersaing.

Ketiga pembicara muda di webinar itu adalah alumni FEB UNS yang telah menempati pekerjaannya sesuai dengan cita-cita dan harapan mereka. Di webinar yang bertajuk Daya Saing Lulusan Akuntansi di Dunia Kerja, alumni berbagi pengetahuan tentang pengalaman mereka memasuki dunia kerja hingga berada di posisi sekarang. (Humas FEB)

Editor: Drs. BRM. Bambang Irawan, M.Si.

You May Also Like