Bekali Mahasiswa dengan Kemampuan Wirausaha, Sastra Indonesia FIB UNS Gelar Webinar Karir dan Wirausaha untuk Mahasiswa

Selain ilmu yang diajarkan, Program Studi (prodi) juga memberikan ketrampilan lain terkait membekali mahasiswa dengan kunci menjadi wirausaha yang baik. Hal tersebut terwujud dengan prodi Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya (FIB) UNS menggelar webinar Karir dan Wirausaha untuk Mahasiswa pada Rabu pagi (28/07/2021) melalui platform Zoom Meeting.

Kegiatan ini menghadirkan dua narasumber yang juga merupakan alumni dari Sastra Indonesia FIB, Rendra M. Habibie, S.S dan Irwanto, S.S.,M.S. Webinar ini bertujuan untuk melecut semangat dan motivasi tentang potensi-potensi pekerjaan yang bisa dilakukan ketika lulus nanti. “Acara ini merupakan bagian dari penerjemahan atau interpretasi dari profil lulusan Sastra Indonesia yang salah satunya adalah menjadi wirausahawan dan berkarir di berbagai bidang yang sesuai dengan kreatifitas dan keahliannya” ungkap Dr. Dwi Susanto, M.Hum (Kaprodi Sastra Indonesia FIB).

Rendra selaku praktisi digital marketing, pendiri dan pemilik Bisnis Sekolah Saudagar membuka pembahasannya dengan memberikan kunci untuk menjadi pemenang dalam berbisnis di era digital saat ini. “Kunci bisnis anak muda adalah kuasai ilmunya. Ilmu apa yang harus dipelajari adalah ilmu digital marketing. Selain ilmu tersebut juga dibutuhkan mentor yang akan membimbing kita dalam dunia marketing terutama digital marketing. Dan terakhir yang harus di pahami adalah perlu adanya komunitas yang akan mewadahi dan mendukung kelanjutan dari bidang yang akan kita tawarkan” jelasnya.

Sebagai pembicara kedua Irwanto, seorang jurnalis dan wirausaha agrikultur itu memberikan metode tentang langkah awal yang dilakukan sebelum memulai wirausaha yaitu perlu adanya pemetaan pada potensi diri. “Adapun beberapa metode bisa dilakukan diantaranya metode terencana, metode menggali, metode kombinasi terencana dan mengalir, metode konsultasi, dan metode memanfaatkan IT” ujarnya

Kegiatan yang diikuti oleh mahasiswa Sastra Indonesia lintas angkatan ini dapat diilhami sebagai suatu upaya prodi menambah semangat bagi mahasiswa untuk menekuni bidang kewirausahaan. Saat peluang kerja susah digapai, bidang kewirausahaan menjadi peluang besar untuk dikerjakan. (Rensi)

 

Sumber: https://fib.uns.ac.id/news/bekali-mahasiswa-dengan-kemampuan-wirausaha-sastra-indonesia-fib-uns-gelar-webinar-karir-dan-wirausaha-untuk-mahasiswa

You May Also Like