Bahas Eksistensi Literasi Digital & Adaptasi Digital, Dosen Prodi Sastra Arab FIB UNS Menjadi Pembicara Webinar KOMINFO Jateng dan DIY

Total
0
Shares

Dosen prodi Sastra Arab Fakultas Ilmu Budaya (FIB) UNS, Reza Sukma Nugraha, M.Hum. menjadi pembicara dalam acara yang diadakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (KOMINFO) Jawa Tengah dan DIY Yogyakarta. Kegiatan yang berlansung selama dua hari (7,14/06/2021) tersebut mengambil tajuk Indonesia Makin Cakap Digital dengan tujuan membangun generasi maju dengan lebih paham pada peranan media digital.

Kegiatan ini berlangsung secara streaming melalui Zoom Cloud Meeting pada Senin (7/06) Reza Sukma memaparkan materi yang berjudul Eksistensi Literasi Digital dalam Peningkatan Partisipasi Publik. Menurutnya masyarakat harus berpartisipasi dalam peningkatan publik literasi digital dengan cara yang bertanggung jawab.  

“Kita semua harus  bersedia menggunakan perangkat digital dan memanfaatkannya untuk berbagai kepentingan kehidupan. Bersikap tanggung jawab dalam mencari, mengakses, dan menyebarluaskan informasi. Tidak takut, pesimistis, atau antipati terhadap perkembangan teknologi digital. Menjadikan dunia digital sebagai “tempat tinggal” yang nyaman untuk sesama warga internet”ajak Reza.

Kemudian pada Senin (14/06) dosen pengampu mata kuliah sastra anak  itu menjabarkan materinya yang berjudul Adaptasi Budaya Digital demi Pariwisata Mengglobal. Dalam pemaparannya Reza Sukma menjelaskan bahwa jika ingin menuju pariwisata global masyarakat harus mampu dinamis dan cakap beradaptasi.

“Kita harus branding kota digital yang ramah dan mudah bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Memadukan lokalitas dan globalitas, kearifan lokal dan unsur etnik semakin “menjual” di kancah internasional. SDM siap sedia dan berdaya menghadapi wisatawan yang heterogen. Dari upaya tersebut posisi tawar dan popularitas pariwisata Indonesia menjadi semakin meningkat” pungkasnya. (Rensi)

 

Sumber: https://fib.uns.ac.id/

You May Also Like