Bahas Alih Aksara dan Transliterasi Naskah Lontar FIB Sambut Baik Pondok Pesantren Ta’mirul Islam Surakarta

Pagi yang cerah pada Rabu (09/02/2021) menyengat semangat Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Sebelas Maret (UNS) menyambut kedatangan Pondok Pesantren Ta’mirul Islam Surakarta di ruang sidang 1 gedung 3. Kunjungan kali ini membahas tentang koordinasi sekaligus rintisan kerja sama  dengan Program Studi (prodi) Sastra Daerah terkait alih aksara dan transliterasi naskah lontar.

Dekan FIB UNS, Prof.  Dr. Warto, M.Hum dalam sambutannya mengatakan bahwa di zaman modern ini memandang naskah sebagai barang yang kuno, padahal didalamnya sangat mengandung banyak ilmu pengetahuan.

“Mari kita jaga kekayaan intelektual bangsa, dalam sejarah tercatat naskah kita banyak diambil paksa oleh penjajah. Saat ini menjadi tugas kita bersama untuk menyelamatkan dan mengartikan isinya sebagai pemahan intelektual luhur” ungkap Prof. Warto.

Lepas Dekan FIB menyampaikan sambutannya, Prof. Sumarlam, Dosen prodi Sastra Daerah  menambahkan bahwa substansi isi naskah dapat diketahui melalui banyak proses. “Untuk mengetahui atau memahami isi naskah kita perlu mendigitalisasikan terlebih dahulu, kemudian mengalih aksarakan menjadi aksara latin, yang terkahir kita identifikasi bahasa yang digunakan, jika diperlukan dilakukan terjemahan” pungkasnya. (Rensi)

Sumber: https://fib.uns.ac.id/news/bahas-alih-aksara-dan-transliterasi-naskah-lontar-fib-sambut-baik-pondok-pesantren-ta-mirul-islam-surakarta

You May Also Like