Sambut Maba, Dekan FEB Ajak Mahasiswa Torehkan Prestasi di Tingkat Nasional Maupun Internasional

Total
0
Shares

Lebih dari 700 mahasiswa baru Program Studi (Prodi) S-1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sebelas Maret (FEB UNS) mengikuti kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) yang digelar secara daring, Senin, 16 Agustus 2021.

Dekan FEB, Prof. Drs. Djoko Suhardjanto, M.Com. (Hons). Ph.D A,k. mengucapkan selamat datang kepada mahasiswa baru dan secara simbolis menyerahkan Kartu Rencana Studi kepada tiga mahasiswa perwakilan prodi, Widya Zhafira dari S-1 Akuntansi, Devina Alfa Levia Rizky Alharis dari S-1 Manajemen dan Perdana Gilang Yudha Firmansyah dari S-1 Ekonomi Pembangunan.

“Segenap pimpinan FEB UNS mengucapkan selamat kepada mahasiswa baru. Perasaan senang dan bangga karena Anda semua telah bergabung menjadi mahasiswa kami. Sekali lagi, selamat, Anda sudah menjadi warga FEB UNS, mohon untuk selalu semangat belajar dan belajar, perkuat jati diri Anda di kawah candradimuka FEB, tempat menggembleng agar kalian semua menjadi sukses”  kata Dekan menyemangati.

Ungkapan syukur harus senantiasa terpanjatkan karena mahasiswa telah diterima di FEB UNS, fakultas yang membanggakan, kampus yang mempunyai reputasi, nasional maupun internasional.

Seluruh prodi di FEB UNS telah terakreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT). Sertifikasi akreditasi internasional pun telah diraih yakni  EPAS, AUN QA dan ABEST21. Sejak 6 Oktober 2020 lalu, UNS menyandang status sebagai Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH). Selain itu, UNS masuk klaster satu atau klaster utama dari Perguruan Tinggi (PT) terbaik di Indonesia.

Peserta mengikuti jalannya acara PKKMB melalui daring

Dekan juga berpesan agar dalam menempuh perkuliahan di FEB UNS, mahasiswa baru harus membaur dengan semua komponen yang telah lebih dulu melakukan aktifitas di kampus dan juga berbaur dengan para alumni yang sering datang ke FEB.

Alumni-alumni FEB banyak yang sukses dan menduduki jabatan penting di pemerintahan  maupun swasta. Diantaranya, Wimboh Santoso yang saat ini menjabat sebagai Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan RI, Doni P Joewono, Deputi Gubernur Bank Indonesia, Didik Hartantyo, Dirut PT KAI, dan beberapa alumni lain yang sukses disektor swasta diantaranya Harijanto dan Nur Harjanto serta beberapa alumni lainnya.

Di akhir sambutannya, Dekan berharap agar mahasiswa bisa menorehkan prestasi, baik di tingkat nasional maupun internasional dengan tetap mengangkat nilai-nilai budaya bangsa. Kita harus memiliki prinsip hidup ‘urip sing urup memayu hayuning bawana”. Ini adalah salah satu pedoman hidup dari para leluhur. Kehidupan kita harus memberikan manfaat untuk orang lain maupun untuk alam semesta.

Kegiatan PKKMB yang digelar sejak pagi hingga menjelang sore tersebut diisi juga dengan paparan dari para Wakil Dekan, Pengelola Laboratorium dan Unit Pendukung serta dari Pengelola dan wakil dosen masing-masing program studi.

Para alumni yang telah berjaya dan berprestasi pun dihadirkan untuk memotivasi mahasiswa baru, diantaranya Doni Primanto Joewono, SE, M.Si, Ubaidi Socheh Hamidi, SE, MM, Endang Kurniawan, SE, Ak., dan Dr. Nur Harjanto, MM.

Salah satu alumni yang saat  ini menduduki jabatan Deputi Gubernur Bank Indonesia, Doni Primanto, dalam arahan dan motivasinya menyampaikan empat hal penting untuk menjadi pegangan mahasiswa agar sukses dalam menempuh studi dan berkarir yakni, bersyukur, mencari role model, punya passion dan harus adaptif.

Keberhasilan mahasiswa yang telah diraih saat ini adalah karena rido  Allah dan juga kedua orang tua. Rasa syukur harus senantiasa terpanjatkan karena bisa bergabung di kampus ini. Bersyukur karena saat ini prestasi FEB UNS sangat cepat berkembang. Buktinya banyak, seluruh prodi di FEB telah terakreditasi A dan juga telah tersertifikasi internasional.

Selanjutnya disampaikan, mahasiswa juga harus punya role model yakni suatu cerminan untuk mendorong keberhasilan studi dan karir ke depan.

“Role model memberikan  motivasi dan semangat dalam belajar untuk meraih keberhasilan. Dengan memiliki role model, memungkinkan kita untuk mengeksplor diri, kita punya mimpi, mulai hari ini kita mau jadi apa, apakah akan melanjutkan kuliah atau menjadi ahli ekonomi atau menjadi seorang pengusaha, siapa yang akan menjadi contoh kita” tegasnya penuh semangat.

Doni P Joewono saat memberikan motivasi kepada mahasiswa baru

Mahasiswa juga harus punya passion, harus punya minat. Passion akan mendorong menemukan role model, mendorong untuk aktif berorganisasi sebagai salah satu cara melakukan pengkayaan, meluaskan pengetahuan dan pengalaman.

Dan yang keempat, mahasiswa harus adaptif. Orang yang berhasil adalah orang yang adaptif, bukan orang pintar dan yang cerdas. Berapa banyak orang yang dalam prestasi kuliahnya biasa saja, namun saat kerja sukses karena didukung dengan kemampuannya dalam beradaptasi. (Humas FEB)

You May Also Like