Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNS bekerjasama dengan Kementerian PPN/Bappenas selenggarakan Pendidikan dan Pelatihan Perencanaan Pembangunan Daerah (PPD) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), 23 April – 4 Mei 2018.

Kegiatan dibuka oleh Shri Mulyanto, S.Sos., M.T., M.Sc, wakil dari Pusat Pembinaan, Pendidikan dan Pelatihan Perencana (Pusbindiklatren) Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Selasa 23/4/2018 di Ruang Teleconferen FEB UNS.

Peserta Ikuti Acara Pembukaan Diklat

Peserta berfoto bersama sebelum diklat dimulai

Dalam sambutannya, Ketua Panitia Diklat, Dr. Mulyanto, ME berharap kepada para peserta yang mengikuti pelatihan selama 2 minggu ke depan, bisa mewakili daerahnya sehingga dapat menghasilkan prototipe RPJMD atau Renstra Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang berlaku selama 5 tahun, yang menjabarkan visi, misi, tujuan, sasaran dan program-program unggulan kepala daerah terpilih.

Selain penyampaian teori oleh para instruktur, juga akan diadakan pelatihan-pelatihan dan site visit seperti tahun-tahun sebelumnya.

“Peserta selama pelatihan akan diajak ke Bappeda Kota Surakarta untuk sharing penyusunan dokumen RPJMD kota Solo dan juga praktek lapangan sharing best practices, program-program unggulan di kota Surakarta’ jelas Dr. Mulyanto lebih lanjut.

Pelatihan Diklat PPD RPJMD diikuti oleh 26 orang perencana yang berasal dari beberapa kabupaten di tiga propinsi, yakni Jawa Tengah, Banten dan Yogyakarta. Adapun rincian peserta: 4 orang dari Kabupaten Tegal, 3 orang dari Kabupaten Serang, 4 orang dari Kabupaten Kudus, 2 orang dari Kabupaten Semarang, 1 orang dari Kabupaten Banjar, 4 orang dari Kabupaten Pandeglang, 3 orang dari Kabupaten Magelang, 1 orang dari Kabupaten Sragen, 1 orang dari Kapubaten Pati , 1 orang dari Kabupaten Gunung Kidul dan 1 orang dari Kota Surakarta.

Untuk penyegaran dan lebih mengakrabkan hubungan peserta, panitia juga akan mengajak peserta di beberapa malam untuk mengenalkan sekaligus mencicipi kuliner di Solo.

Komentar

Shares