Perluas Pengembangan Keilmuan, FIB UNS Buka Prodi S-1 Bahasa Mandarin dan Kebudayaan Tiongkok

Total
0
Shares

Guna menjawab permasalahan kebutuhan globalisasi bahwa kemampuan berbahasa asing dapat menjadi nilai tambah dalam dunia kerja, selain itu melihat aspek pengembangan keilmuan, kebahasaan dan kebudayaan Tiongkok (sinologi). Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta membuka Progam Studi (prodi) S-1 Bahasa Mandarin dan Kebudayaan Tiongkok (BMKT) pada Selasa lepas tengah hari (22/03/2022) di ruang Seminar Gd. I Suharno FIB.

Pembukaan prodi BMKT dihadiri oleh Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswaan UNS, Prof. Ahmad Yunus, Wakil Rektor Perencanaan Kerjasama Bisnis dan Informasi UNS, Prof. Sajidan, Dekan FIB UNS, Prof. Warto beserta Wakil Dekan FIB, Direktur Confucius Institute (CI) UNS, Stephanie Phanata, B.Ed., M.TCSOL serta dosen dan karyawan FIB UNS. Serta hadir secara daring Rektor Xihua University, Prof. LIU Shugen, Konsul Jenderal RRT di Surabaya, Mr. GU Jingqi dan Dekan FSJ Xihua University, Prof. PAN Shuxian. Pembukaan Prodi ditandai dengan pemotongan tumpeng yang dilakukan oleh Wakil Rektor Perencanaan Kerjasama Bisnis dan Informasi, Prof. Sajidan.

Prof. A. Yunus dalam sambutannya mengapresiasi dengan dibukanya prodi baru di FIB, pasalanya studi tentang Tiongkok (sinologi) tidak akan pernah habis dan sangat menarik, mengingat perkembangan Republik Rakyat China (RRC) yang pesat, menguasai bahas Mandarin sangat diperlukan. “Kami sangat mengapresiasi kerja keras dan kerja tuntas FIB yang sudah mendirikan BMKT, ini dapat melancarkan kerjasama dari pelbagai bidang. Kami percaya dari pordi ini akan mencetak lulusan yang handal dan tangguh dibidangnya, selain itu dalam jangka panjang  akan meloloskan hubungan Indonesia dan Tiongkok akan semakin erat dan harmonis” ungkapnya.

Rektor Xihua University, Prof. LIU Shugen hadir secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting mengatakan bahwa, pembukaan BMKT ini merupakan titik awal kerja sama untuk memajukan dunia pendidikan. “Saat ini di Tiongkok tengah musim semi atau musim menabur benih, kami ilhami bahwa di musim yang indah seperti ini adalah waktu baik untuk menyebar kebaikan, salah satunya melalui ilmu pengetahuan. Semoga dengan dibukanya prodi BMKT dapat menjadi langkah yang efektif untuk saling belajar dan bertukar informasi tentang kebudayaan (Tiongkok dan Indonesia)” jelasnya.

Dekan FIB sebagai tuan rumah menjadi pamungkas sambutan dalam kegiatan ini, dengan semangat beliau mengatakan bahwa pembukaan prodi BMKT ini merupakan suatu lompatan jauh kedepan untuk mencapai internasionalisasi. “Alhamdulillah hari ini menjadi momentum dan sesuatu yang diidamkan, akhirnya kita mendapatkan persetujuan dari Senat Akademik dan ijin dari Rektor untuk mendirikan prodi BMKT. Kami juga mengucapkan banyak terimakasih atas keja sama yang telah terjalin dengan Xihua University. Harapannya kedepan dapat mengembangkan sinologi di Indonesia dan dunia” pungkasnya. (Rensi)

 

Sumber: https://fib.uns.ac.id/

You May Also Like