Pelindo 3 Goes to Campus UNS

Total
0
Shares
Pelindo 3 goes to campus
Pelindo 3 goes to campus

Pelabuhan Indonesia 3 (Persero) atau yang biasa dikenal sebagai Pelindo 3 adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak dalam jasa layanan operator terminal pelabuhan. Dalam menjalankan usahanya, Pelindo 3 mengelola 43 pelabuhan dengan 16 kantor cabang yang tersebar di tujuh propinsi di Indonesia meliputi Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Selatan. Keberadaan Pelindo 3 tidak lepas dari kondisi geografis Indonesia yang merupakan negara kepulauan. Sebagai jembatan penghubung antar pulau maupun antar negara, peranan pelabuhan sangat penting dalam keberlangsungan dan kelancaran arus distibusi logistik. Pelayanan terbaik dan maksimal merupakan komitmen Pelindo 3 untuk mejaga kelancaran arus logistik nasional. Komitmen itu tertuang dalam visi perusahaan Berkomitmen Memacu Integrasi Logistik dengan Layanan Jasa Pelabuhan yang Prima. Mendukung visi tersebut, Pelindo 3 menetapkan strategi-strategi yang dituangkan dalam Rencana Jangka Panjang Perusahaan (RJPP) yang dievaluasi setiap 4 (empat) tahun sekali.

Dunia maritim tidak dapat dipisahkan dari Pelindo sebagai operator jasa kepelabuhanan. Namun, pengetahuan masyarakat akan dunia maritim secara mendalam masih sangat minim. Padahal, laut sebagai subjek utama dunia kemaritiman memiliki potensi besar dalam memacu arus logistik dan perekonomian nasional. Oleh karena itu, Pelindo mengadakan acara Pelindo 3 Goes to Campus sebagai upaya untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat akan dunia maritim serta menjaga eksistensi Pelindo yang berperan dalam memacu integrasi logistik nasional. Selain itu, Pelindo 3 Goes to Campus juga merupakan upaya PT. Pelindo 3 untuk mendekatkan diri kepada institusi pendidikan dan mahasiswa guna semakin jelasnya pemahaman institusi dan mahasiswa akan PT. Pelabuhan Indonesia 3 (Persero) yang dibalut dengan acara maritim seminar dan bakti sosial.

Goes to Campus UNS

Universitas Sebelas Maret(UNS) merupakan salah satu universitas yang berada di wilayah kerja PT. Pelindo 3. Letaknya yang berada di salah satu pusat kebudayaan jawa, Kota Surakarta, membuat UNS memiliki potensi yang sangat besar untuk dikembangkan menjadi Universitas berkualitas internasional yang memegang teguh budaya nasional. Namun di sisi lain, letak geografis UNS yang relatif jauh dari laut membuat dunia maritim seakan-akan teralienasi dari civitas akademika UNS. Padahal, pengembangan dunia maritim merupakan satu di antara program yang sedang menjadi prioritas pembangunan pemerintah.

Oleh karena itu, PT. Pelindo 3 mengadakan acara Pelindo Goes to Campus sebagai upaya mendekatkan diri dengan institusi pendidikan maupun civitas akademika di dalamnya melalui seminar maritimyang diadakan di Aula Fakultas Hukum UNS pada Sabtu, 30 April 2016. Dengan tema “Peran Pemuda dalam Menyongsong Indonesia menuju Poros Maritim Dunia 2045” Pelindo 3 Goes to Campus UNS mendatangkanYon Irawan selaku Corporate Secretary Pelindo III,Dr. Ir. H. Son Diamar, M.Sc selaku pakar kemaritiman, dan Bhimo Rizky Samudro S.E., M.Si, Ph.D, selaku Akademisi UNS sebagai pembicara untuk memberikan penjelasan dengan lebih mendalam akan PT. Pelabuhan Indonesia 3 (Persero) serta menjaga eksistensi PT. Pelindo yang berperan dalam memacu integrasi logistik nasional. Selain itu, yang bertindak sebagai moderator adalah Juli Purnomo, Mahsiswa Berprestasi UNS 2015. Tujuan diselenggarakan acara ini agar insititusi pendidikan maupun civitas akademika di dalamnya dapat benar-benar memahami dunia kemaritiman. Selain berbentuk seminar, Pelindo Goes to Campus juga akan mengadakan bakti sosial yang akan ditujukan ke Griya PMI Surakarta bekerja sama dengan Komunitas Griya Schizofren.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You May Also Like

Solo Membaca 2016

📓 *Solo Membaca 2016* 📓 🌾Kampoeng Boekoe🌾 Solo Membaca kembali hadir!! Dan acara keren ini bakal berlangsung mulai dari *6-10 Juni 2016 di Student Center UNS* Rangkaian acaranya adalah :…
View Post

SOLO MEDICAL CUP 2016

Fakultas Kedokteran UNS dalam rangka memperingati Dies Natalis Universitas Sebelas Maret Surakarta yang ke-40 mempersembahkan “Solo Medical Cup 2016”  SOON ON FEBRUARY  1. Futsal Competition  – FK/FKG Se-Indonesia (pa)  –…
View Post