2Dalam upaya mewujudkan program keunggulan dalam pendidikan dan kemahasiswaan, Program Studi Ilmu Administrasi Negara  menyelenggarakan  suatu kegiatan  dengan tema “Peningkatan Akreditasi dan Sertifikasi Prodi : Workshop Penyusunan Evaluasi Diri Prodi Ilmu Administrasi Negara”. Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh harapan dan keinginan  Program Studi Ilmu Administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sebelas Maret  (FISIP UNS) dalam menjaga kualitas program studi menjadi hal penting yang harus terus ditingkat untuk mencapai guna  mencapai keungulan di bidang pengajaran, pengabdian dan penelitian, sehingga pemenuhan strandar mutu pendidikan akademik wajib dilaksanakan oleh prodi.

Selain itu juga upaya dalam rangka mewujudkan World Calss University, menjadikan program studi terakreditasi A merupakan target yang harus dipenuhi. Sehingga  kurikulum sebagai salah satu aspek penilaian, penyempurnaan kurikulum program Evaluasi Program Studi Ilmu Administrasi Negara perlu segera dilaksanakan didalamnya tercantum  guna  mencapai akreditasi A Program Studi.

Menurut Ketua sekaligus Kepala Program Studi Ilmu Administrasi Negara Dr. Kristina Setyowati, M.Si,  ada beberapa mekanisme yang harus dilakukan  untuk mencapai target akreditasi program studi ini  yaitu mempersiapkan  Tim Akreditasi dan Tim Self Evaluation, menyusun Draft evaluasi diri (Self Evaluation) dan menyempurnakan draft evaluasi diri Prodi Ilmu Administrasi Negara. Adapun pelaksanaan evaluasi diri ini sendiri telah dilaksanakan Sabtu, 14 Mei 2016 di Ruang Aula Kecil FISIP UNS dengan menghadirkan Narasumber yang berkompeten, Drs. Y.  Slamet, M.Sc, Ph.D.

3Dalam proses penyusunan Evaluasi Diri Prodi AN Tahun 2012-2016 menurut  beliau ada  beberapa komponen komponen, komponen A meliputi visi dan misi, komponen  B  : Tata pamong, Kepemimpinan, Sistem Pengelolaan dan Penjaminan Mutu, komponen C meliputi mahasiswa dan Lulusan,  komponen D meliputi Sumber Daya Manusia,  komponen E :  Kurikulum, Pembelajaran dan Suasana Akademik, komponen F :  Pembiayaan, Sarana dan Prasarana,  dan Sistem Informasi serta komponen G : Penelitian, Pelayanan/Pengabdian kepada Masyarakat dan Kerjasama. (Maryani Humas FISIP)

 

Komentar

Shares