Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sebelas Maret (FEB UNS) bekerjasama dengan 4 perguruan tinggi di Eropa dan 5 perguruan tinggi di Indonesia terpilih mendapatkan pendanaan dari European Commission untuk program Capacity Building Erasmus+ dengan tema “OPTimizing Research and Doctoral Programme in BANKing and Finance in Indonesian universities” / OPTBANK. Nilai hibah adalah sebesar 999.904 € untuk periode 3 tahun mulai Oktober 2017 – September 2020.




Koordinator untuk di Eropa adalah University of Limoges, Perancis sedangkan UNS merupakan koordinator untuk konsorsium perguruan tinggi di Indonesia. Perguruan tinggi lain di Indonesia yang terlibat adalah Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Syiah Kuala, Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Universitas Tanjungpura dan Universitas Sriwijaya. Sedankan perguruan tinggi lain di Eropa adalah Bangor University UK, University of Rome III Italia dan Technical University Crete Yunani.

Tujuan utama dari proyek OPTBANK ini adalah memperkuat riset dalam bidang perbankan dan keuangan di perguruan tinggi di Indonesia. Sedangkan tujuan khususnya ada 4 hal yaitu, 1) meningkatkan international exposure dari dosen junior dan dosen senior di Indonesia melalui research training dan research collaboration dengan perguruan tinggi partner di Eropa, 2) merevitalisasi program doktor dan master di Indonesia dengan memperkenalkan modul-modul baru yang diadaptasi dengan kebutuhan local, 3) memperkuat tata kelola pusat penelitian dan program doktor melalui pertukaran good practices antara partner Eropa dan Indonesia, 4) meningkatkan interaksi antara perguruan tinggi di Indonesia dengan regulator keuangan dan perbankan, industri keuangan dan perbankan serta masyarakat melalui berbagai aktivitas.

Dekan FEB UNS, Dr. Hunik Sri Runing Sawitri menjelaskan bahwa Proposal Capacity Building OPTBANK ini telah mulai disusun secara bersama utamanya antara FEB UNS dengan LAPE University of Limoges sejak bulan Mei 2016, kemudian disubmit ke European Commission pada bulan Februari 2017. Pemenang kemudian diumumkan pada bulan Agustus 2017. OPTBANK termasuk dalam 149 proposal yang didanai dari 756 proposal yang diajukan ke European Commission untuk Higher Education – International Capacity Building.

Pada tanggal 15 September 2017 yang lalu telah dilakukan pra-kick off meeting untuk konsorsium perguruan tinggi partner Indonesia di FEB UNS utamanya untuk menyamakan persepsi, mempertegas komitmen dan persiapan untuk pelaksanaan kick-off meeting. Adapun kick-off meeting sendiri akan dilakukan pada bulan Januari 2018 di Eropa. Saat ini sedang dilakukan pembahasan intensif terkait dengan persiapan kick-off meeting dan rencana pelaksanaan program kerja tahun pertama oleh project steering committee yang terdiri dari 5 orang yaitu Prof. Amine Tarazi (Limoges), Dr. Irwan Trinugroho (UNS), Prof. Franco Fiordelisi (Rome), Prof. Fotios Pasiouras (Crete) dan Prof. John Williams (Bangor).

Keberhasilkan FEB UNS dan partner ini merupakan salah satu indikasi bahwa UNS telah memiliki reputasi yang diakui tidak hanya di tingkat nasional namun juga di tingkat internasional.

Sumber: Irwan Trinugroho, Ph.D

Komentar

Shares