UKM Saseru Study Club (SSC) Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret dibentuk sebagai salah satu wadah aktualisasi mahasiswa FIB untuk  berprestasi, kritis, dan peka terhadap kebudayaan yang disalurkan melalui jalur penulisan ilmiah.

Untuk itu, bulan Oktober nanti UKM SSC FIB akan kembali menggelar SAFIK, Semarak Festifal Keilmiahan. Serangkaian kegiatan ilmiah akan menyemarakkan festival ini, yakni meliputi :

  1. lomba cerpen, lomba esai tingkat nasional, pendaftaran sudah dibuka sejak bulan Juli 2017. Adapun targetnya adalah mahasiswa dari berbagai universitas.
  2. lomba rangking 1 (12 Oktober ) , bagi mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya UNS
  3. bazar buku murah (09-13 Oktober)
  4. Seminar Nasional (21 Oktober) dengan tema “Memaknai Ulang Gaya Hidup Kekinian dalam Kacamata Budaya Nusantara”

Dalam keterangannya, Ketua SSC, Muhammad Hasan mengatakan,” SAFIK adalah agenda tahunan yang diselenggarakan oleh UKM SSC. Kali ini kami mengambil tema “Gaya Hidup”. Hal ini sengaja kami ambil karena perbedaan gaya hidup masa dulu dan masa kini sangat menarik untuk dipelajari”. Sesuai keputusan ketua panitia, menyikapi dan mengkritisi fenomena orang-orang zaman sekarang, terutama khalayak muda-mudi yang mulai terlena dengan perkembangan zaman. Dalam gaya hidup yang sekarang, setiap orang tanpa kita sadari mulai dituntut tampil mewah seperti gawai, pakaian, gedung dsb. Maka dari itu kami mengambil tema ini untuk membuka para partisipan untuk memberikan tanggapan dalam bentuk esai dan cerpen.

“Kami berharap partisipasi dari teman-teman dari Fakultas Ilmu Budaya. Adapun teman-teman mahasiswa  dari luar UNS, baik Perguruan Tinggi di Surakarta maupun di luar Solo Raya bisa berpartisipasi dalam lomba cerpen dan esai tingkat nasional.”, lanjutnya.

Ke depan, dengan penyelenggarakan  SAFIK ini para generasi muda dapat menunjukkan karya-karyanya dan berkompetisi secara profesional dalam upaya meningkatkan kemampuan di bidang keilmiahan dan kepenulisan.

Sumber: http://fib.uns.ac.id

Komentar

Shares